Terowongan di Mahbas Jin dalam Perbaikan, Jemaah Diminta Hati-Hati Menyeberang

Oleh Mevi Linawati pada 24 Jun 2022, 18:02 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 22:16 WIB
Jemaah calon haji 2022 turun dari bus Sholawat, Makkah. (Foto: dokumentasi MCH)
Perbesar
Jemaah calon haji 2022 turun dari bus Sholawat, Makkah. (Foto: dokumentasi MCH)

 

Liputan6.com, Jakarta - Plt Inspektur Jenderal Kementerian Agama (Kemenag RI) Nizar Ali mengatakan, terowongan di Mahbas Jin sedang ada perbaikan. Hal ini membuat jemaah calon haji yang hendak ibadah ke Masjidil Haram terpaksa menyeberang dahulu.

"Ya penyeberangan itu semula seharusnya bisa ini, tapi karena ditutup dan kemudian rutenya balik, saya lihat jemaah haji terutama dari sebelah kiri di arah Makkah itu harus menyeberang dulu mungkin membahayakan jemaah karena lalu lintasnya sangat padat dan membahayakan jamaah," kata Nizar Ali di Makkah, Kamis 23 Juni 2022.

"Ya kalau ada petugasnya tapi ini kan 24 jam," imbuh dia.

Hal tersebut membuatnya menilai perlu adanya penataan jalur (reroute) bus shalawat di kawasan Mahbaz Jin agar jemaah tidak perlu menyeberang jalan untuk naik bus shalawat.

"Memang ada skema 2 kali tapi sesuai aturan kita kan layanan transportasi harus sekali dari pondok ke Haram, kalau dua kali mengurangi standar mengurangi standar kita," kata dia.

Nizar Ali mengatakan, dengan memperhatikan keselamatan jemaah, sempat ada opsi untuk menghubungi pihak penyedia jasa untuk mengubah rute koordinasi dengan lalu lintasnya.

Sementara itu, Kementerian Agama menyiapkan bus shalawat untuk jemaah haji Indonesia selama di Mekkah. Bus shalawat beroperasi selama 24 jam mengantar jemaah haji Indonesia yang ingin ke Masjidil Haram untuk shalat wajib.


Tidak Dipungut Biaya

Kepala Daker Makkah Muhammad Khanif mengatakan, jemaah tidak dipungut biaya untuk dapat menggunakan transportasi bus shalawat ini.

"Layanan ini disiapkan untuk jemaah selama di Makkah. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya lagi," kata Khanif.

Menurut Khanif ada 204 bus shalawat yang disediakan pada musim haji 1443 H/2022 M. Bus ini, lanjut Khanif akan dioperasikan secara bertahap sesuai dengan rasio jumlah jemaah yang telah tiba di Makkah.

Kabid Transportasi Sutikno menambahkan ada lima rute bus shalawat di Makkah sesuai wilayah hotel jemaah dengan tiga terminal yaitu Syib Amir, Bab Ali, dan Jiad.


Rute

Lima rute yang dilayani bus shalawat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Rute Mahbas Jin - Bab Ali. Sebanyak 16 bus disiapkan untuk melayani 19.288 yang tersebar di enam hotel di wilayah Mahbas Jin. Ada tiga halte pemberhentian yang telah disiapkan.

2. Rute Syisyah - Syib Amir. Ada 29 bus yang disiapkan untuk melayani 11.428 jemaah yang tinggal di 9 hotel wilayah Syisyah. Di sini disiapkan tiga halte pemberhentian.

3. Rute Raudhah - Syieb Amir. Total ada 53 bus untuk 21.015 jemaah yang tinggal di 6 hotel wilayah Raudhah, dengan lima halte pemberhantian.

4. Rute Jarwal - Syieb Amir. Rute ini akan melayanu 24.904 jemaah yang tinggal di dua hotel wilayah Jarwal. Total ada 62 bus dengan dua halte.

5. Rute Misfalah - Jiad. Rute ini melayani 17.550 jemaah. Mereka tinggal di 13 hotel wilayah Misfalah dengan tujuh halte pemberhantian.

Infografis Syarat Jemaah Berangkat Haji 2022
Perbesar
Infografis Syarat Jemaah Berangkat Haji 2022 (Liputan6.com/Trie Yas)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya