Lantunkan Doa Ini Agar Dijauhkan dari Rasa Cemburu

Oleh Yulia Lisnawati pada 10 Mei 2022, 05:00 WIB
Diperbarui 10 Mei 2022, 05:00 WIB
Panduan Tata Cara Puasa Ganti (Qadha)
Perbesar
Ilustrasi doa agar dijauhkan dari rasa cemburu. Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Rasa cemburu memang lumrah terjadi pada setiap individu. Dalam sebuah hubungan cinta, cemburu menjadi hal lumrah yang biasa terjadi. Namun, kecemburuan menjadi perasaan terburuk yang bisa dimiliki seseorang. 

Sangat normal untuk merasa tidak aman dari waktu ke waktu atau khawatir bahwa pasanganmu akan mengembangkan perasaan untuk orang lain. Namun, baiknya rasa cemburu tetap harus dikendalikan agar tidak berlebihan. 

Melansir dari Nu, Minggu (8/5/2022), Siti Aisyah RA secara jujur menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah menegur dirinya karena melontarkan perkataan yang menyangkut fisik istri Rasulullah SAW lainnya. Rasulullah SAW tidak segan menegur sebuah tindakan seseorang di luar batas dalam mengekpresikan perasaan cemburu atau kecewa sebagaimana riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi berikut ini:

وروينا في سنن أبي داود والترمذي عن عائشة رضي الله عنها قالت: قلت للنبي (صلى الله عليه وسلم): حسبك من صفية كذا وكذا" قال بعض الرواة: تعني قصيرة، فقال: "لقد قلت كلمة لو مزجت بماء البحر لمزجته"، قالت: وحكيت له إنسانا فقال: "ما أحب أني حكيت إنسانا وأن لي كذا وكذا" قال الترمذي: حديث حسن صحيح

Artinya,

“Diriwayatkan kepada kami dalam Sunan Abbu Dawud dan At-Tirmidzi dari Aisyah RA, ia berkata, ‘Aku pernah mengatakan kepada Rasulullah SAW, ‘Cukup bagimu perihal kekurangan Shafiyyah yang ini dan itu,’–sebagian perawi mengatakan bahwa yang dimaksud Aisyah adalah soal tinggi badan Shafiyah yang rendah.–Rasul menegurku, ‘Kau telah melontarkan sebuah kalimat luar biasa, yang bila dilemparkan ke laut, niscaya ia akan bercampur (mengubah rasa air) laut tersebut.’ Aku juga pernah menceritakan (keburukan) seseorang kepadanya. Lalu Rasul menanggapi, ‘Aku tidak suka bercerita perihal seseorang dan aku mendapatkan (keuntungan) ini dan itu.’’ At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 289).

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Doa agar dijauhkan dari cemburu berlebih

Menghambat Terkabulnya Sebuah Doa
Perbesar
Ilustrasi doa agar dijauhkan dari rasa cemburu.

Ketika cemburu berlebih sedang melanda, segeralah mengucap istighfar. Agar cemburu tersebut tidak kebablasan, dianjurkan untuk membaca doa ini.

بِسْمِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ دَاوِنِي بِدَوَائِكَ، وَاشْفِنِي بِشِفَائِكَ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ، وَاحْذَرْ عَنِّي أَذَاكَ

Bismillah, Allahumma daawini bidawaaika, wasyfini bisyifaaika, wa aghnini bifadhlika 'amman siwaaka, wahdzar 'anni aadzaka.

Artinya,

"Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah obatilah aku dengan pengobatan-Mu, dan sembuhkanlah aku dengan kesembuhan-Mu. Cukupilan aku dengan karunia-Mu, jangan sampai aku meminta kepada selain-Mu, dan jauhkanlah aku dari penyakit-Mu. 

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. 
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya