Sukses

One Way Arus Balik dari Tol Kalikangkung - Cikampek Diberlakukan Jumat Siang

Tiga menteri secara resmi membuka pemberlakuan one way atau sistem satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung Semarang menuju arah Jakarta, Jumat sekitar pukul 13.57 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Tiga menteri secara resmi membuka pemberlakuan one way atau sistem satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung Semarang menuju arah Jakarta, Jumat sekitar pukul 13.57 WIB.

Pembukaan one way ditandai dengan pengibaran bendera oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Adapun rombongan kendaraan yang melintas di jalur tol sebelah kanan dipimpin oleh Kakorlantas Irjen Pol. Firman Santyabudi yang mengemudikan mobil secara langsung.

Menurut Menteri Perhubungan, rekayasa lalu lintas ini merupakan upaya untuk memberi keamanan bagi masyarakat yang mudik Lebaran.

"Memberi keamanan bagi masyarakat, selamat sampai tujuan," katanya, yang dilansir dari Antara.

Ia berharap arus balik Lebaran nantinya dapat berjalan baik. Ia menyampaikan terima kasih kepada Polri dan TNI, serta para pemangku kepentingan atas dukungan luar biasa yang diberikan.

Sementara Menteri Basuki mengharapkan kerja sama para pengendara dalam berperilaku di jalan raya. "Arus mudik berjalan baik, angka kecelakaan juga menurun," katanya.

Ia berharap arus balik ini membawa kenyamanan dan keselamatan.

Polisi sebelumnya menyampaikan, sSistem one way atau satu arah dari Tol Kalikangkung menuju Tol Cikampek-Jakarta rencananya akan diberlakukan Jumat (6/5/2022), mulai pukul 14.00 WIB. Langkah sterilisasi jalur pun dilakukan oleh polisi.

"Sudah mulai disterilisasi, rencana dibuka 'one way' nanti pukul.14.00 WIB," kata Kepala Pos Pengamanan Gerbang tol Kalikangkung Semarang, Ipda Riyadi di Semarang.

Menurut dia kendaraan di jalur B atau arah barat mulai dikeluarkan ke pintu keluar terdekat. Ia menjelaskan bahwa arus kendaraan dari arah timur yang akan masuk gerbang Kalikangkung sudah mulai padat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tren Peningkatan

Sejak Jumat (6/5) pukul 00.00 Hingga pukul 12.00 WIB, jumlah kendaraan yang melintas masuk sudah mencapai 22.437 kendaraan. Jumlah kendaraan yang melintas masuk Kalikangkung tersebut mengalami peningkatan dalam enam jam terakhir.

Sementara itu, petugas PT Jasamarga Semarang Batang sudah mulai mengatur jalur yang akan digunakan untuk pemberlakuan sistem satu arah. Petugas mulai memindah pembatas jalan ke sisi paling Utara gerbang tol tersebut.

Petugas belum mengizinkan kendaraan masuk ke jalur sebelah kanan sebelum sistem satu arah resmi dibuka.

Polisi juga menutup akses menuju Tol Cikampek mulai dari Tol Dalam Kota Cawang. Hal itu disampaikan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

"Pukul 10.45 Tol Cikampek ditutup dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok. Penutupan akan dilakukan di Cawang. Akses menuju Tol Cikampek lewat toll JORR," tutur Sambodo dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Menurut Sambodo, sejauh ini memang terpantau adanya kepadatan di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, khususnya dalam momen arus balik Lebaran 2022.

"Penutupan dilakukan untuk mengurangi arus ke arah timur yang masih cukup tinggi," kata Sambodo.

 

3 dari 3 halaman

Buka Tutup MBZ

Polisi juga masih mengambil diskresi untuk melakukan buka tutup pada akses masuk menuju ruas tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) yang mengarah ke Cikampek, dampak dari kepadatan lalu lintas off ramp Km 48. Rekayasa lalu lintas di ruas tol layang MBZ dilakukan secara situasional.

"Saat ini ruas tol MBZ tidak dapat dilintasi sejak pukul 07.30 WIB," tutur GM Operasi dan Pemeliharaan PT Jasa Marga Jalan Layang Cikampek, Nur Safitri RM dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Menurut Nur, selama penutupan ruas tol layang MBZ berlangsung maka pengguna jalan yang akan menuju arah Cikampek dapat melalui ruas tol Jakarta-Cikampek eksisting, hingga kepadatan di ruas tol MBZ kembali normal.

"PT JJC bersama pihak Kepolisian sementara menutup akses masuk menuju ruas tol MBZ yaitu akses masuk dari Kalimalang Tol JORR E Km 46+200, akses Jatiasih Tol JORR E Km 45+200 dan akses Tol Jakarta-Cikampek Km 10 Arah Cikampek karena adanya kepadatan lalu lintas pada pertemuan off ramp ruas tol MBZ dan ruas jalan tol Jakarta-Cikampek eksisting pada KM 48," jelas dia.

Nur mengimbau para pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan menjaga jarak aman dalam berkendara, mematuhi rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan, serta memastikan kondisi kendaraan layak jalan.

"Hubungi One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android jika butuh bantuan dan informasi seputar jalan tol milik Jasa Marga Group," Nur menandaskan.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.