Sukses

Ini Cara Agar Doa Cepat Dikabulkan dan Amalan yang Harus Dilakukan

Berikut ini cara agar doa cepat dikabulkan dan amalan-amalan yang dapat dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada kalanya, kita sudah berdoa secara terus-menerus dan belum juga terkabul. Hal ini sebaiknya jangan sampai membuat kita memiliki prasangka yang buruk pada Allah SWT.

Karena Allah SWT tentu sudah tahu dengan pasti apa yang terbaik untuk hamba-Nya dan apa yang tidak. Meski bagi kita baik, belum tentu bagi Allah SWT hal tersebut baik. Oleh karena itu, jangan pernah lelah untuk selalu berdoa kepada-Nya.

Berikut adalah cara agar doa cepat dikabulkan menurut Imam As-Shawi sebagaimana dikutip dari islam.nu, Selasa (3/4/2022).

Keutuhan Lahir dan Batin

Saat berdoa kepada Allah SWT, maka saat itulah kita sedang berhadapan dan berkomunikasi dengan Allah SWT. Hendaknya dalam kondisi seperti ini, kita memiliki keutuhan secara lahir dan batin di dalam diri. Di mana dengan duduk bersimpuh setelah menyelesaikan sholat, menengadahkan tangan dan merintin sembari memohon kepada Allah SWT.

Dalam hal ini menunjukkan bahwa kita hanyalah hamba yang lemah dan hanya membutuhkan Allah SWT semata. Fokuskanlah diri dan memusatkan seluruh jiwa serta raga untuk memohon kepada Allah SWT.

Doa Tidak Berisi Hal Buruk

Cara agar doa cepat dikabulkan berikutnya adalah dengan memanjatkan doa yang tidak berisi tentang hal-hal buruk. Misalnya saja agar seseorang mendapatkan musibah. Saat berdoa harus selalu memohon hal-hal yang baik kepada Allah SWT. Misalnya saja mohon diberikan kesehatan, kemudahan dalam belajar, dan sebagainya.

Doa Tidak untuk Minta Diputuskan Tali Persaudaraan

Cara agar doa cepat dikabulkan yang selanjutnya adalah doa tersebut tidak meminta untuk diputuskan tali persaudaraan, kekerabatan, atau kasih sayang dengan sesama manusia.

Karena doa-doa yang seperti itu tidaklah akan dikabulkan oleh Allah SWT. Sehingga, pastikan jika sahabat Dream selalu berdoa hal yang baik-baik saja kepada-Nya.

Amalan agar Doa Cepat Dikabulkan 

Cara agar doa cepat dikabulkan tidak hanya sebatas memohon kepada Allah SWT saja, tetapi harus diiringi juga dengan amalan-amalan yang baik. Berikut adalah beberapa amalan agar doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah SWT:

1. Banyak Membaca Dzikir

Usahakan untuk selalu rutin berdzikir. Hal ini tak hanya menjadi amalan yang baik, tetapi bisa membuat hati menjadi lebih tenang karena hanya Allah SWT lah yang diingat di hati dan pikiran.

Dzikir tersebut bisa kamu lakukan setelah menyelesaikan sholat fardhu dengan meluangkan waktu sejenak. Perintah untuk berdzikir ini pun dijelaskan dalam firman Allah SWT surat Ar-Ra’d ayat 28 berikut ini:

الَّذِيْنَاٰمَنُوْاوَتَطْمَىِٕنُّقُلُوْبُهُمْبِذِكْرِاللّٰهِۗاَلَابِذِكْرِاللّٰهِتَطْمَىِٕنُّالْقُلُوْبُۗ

Artinya,

“ (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Banyak Bersedekah

Selain banyak membaca dzikir, amalan lainnya agar doa cepat dikabulkan adalah dengan banyak bersedekah. Karena dengan bersedekah, maka hal tersebut tidak akan mengurangi harta kita.

Justru bersedekah bisa semakin meningkatkan rezeki. Bahkan dengan bersedekah, Allah SWt juga akan semakin sayang. Perintah bersedekah ini ada dalam surat Al-Hadid ayat 18 berikut ini:

اِنَّالْمُصَّدِّقِيْنَوَالْمُصَّدِّقٰتِوَاَقْرَضُوااللّٰهَقَرْضًاحَسَنًايُّضٰعَفُلَهُمْوَلَهُمْاَجْرٌكَرِيْمٌ

Artinya,

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (QS. Al-Hadid: 18).

3. Berdoa di Waktu yang Mustajab

Cara agar doa cepat dikabulkan adalah dengan berdoa di waktu-waktu yang mustajab. Waktu mustajab yang dimaksud tersebut adalah saat sepertiga malam terakhir, saat mendengarkan adzan, saat turun hujan, di hari Jumat, di antara adzan dan iqamah, saat berpuasa, saat minum air zamzam, saat hari Arafah, dan saat malam Lailatul Qadar.

4. Sholat Tahajud

Amalan lain agar doa segera dikabulkan Allah SWT adalah dengan melaksanakan sholat tahajud. Dengan menjalankan sholat tahajud ini, maka Anda yang sedang memiliki keinginan akan diberikan petunjuk oleh Allah SWT agar hatinya merasa mantap untuk bisa meraih apa yang sedang ingin dicapai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.