Sukses

Resep Praktis Sayur Asem untuk Lebaran Hari Kedua

Berikut cara membuat sayur asem yang enak dan menyegarkan untuk sajian Lebaran hari kedua.

Liputan6.com, Jakarta Bosan makan serba daging dan ikan, sayur asem bisa menjadi pilihan untuk Lebaran hari kedua. Sayur asem bisa menggugah selera karena berkuah.

Sayur asem merupakan masakan kesukaan banyak orang. Selain mudah dibuat rasanya juga menyegarkan. Ciri khas sayur asem yakni perpaduan rasa asem yang kuat, ada manisnya, asin bahkan ada rasa pedas, variasi sayuran di dalamnya sangat variatif.

Rasa asem dari masakan ini biasanya didapat dari tomat, asem jawa, ataupun dari buah belimbing wuluh. Nggak, salah kalau sayur asem ini cocok di lidah orang Indonesia. Selain rasanya yang menyegarkan, masakan berkuah ini baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin dari beragam jenis sayurnya yang ada.

Sayur asem cocok dihidangkan bersama nasi, lauk tempe, tahu goreng atau ikan asin serta sambal terasi, pada cuaca panas terik. Tak, heran banyak warung makan yang menyajikan menu sayur asem sebagai menu harian mereka. Ya makanan ini bisa jadi salah satu menu alternatif makan siang.

Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem. Bahkan setiap daerah memiliki rasa dan variasi sayur yang berbeda ada yang ditambah dengan ikan maupun daging sebagai bahan utamanya.

Meski sayur asem beragam, tapi semua rasanya enak. Orang bisa membuktikannya sendiri dengan memasak sayur asem di rumah. Bagaimana cara memasak sayur asem sederhana yang enak dan segar, berikut cara pembuatannya yang dilansir dari berbagai sumber.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran dengan kandungan protein dan serat yang cukup tinggi dan baik bagi kesehatan. Kacang panjang kerap dijadikan sebagai lalapan atau berbagai menu masakan, termasuk sayur asem. Berikut adalah manfaat kacang panjang bagi kesehatan:

1. Dapat mengontrol kadar gula darah

2. Kacang panjang dipercaya mampu melancarkan proses pencernaan tubuh

3. Mengikat lemak tubuh

4. Mencegah terjadinya stroke dan penyakit jantung

5. Kacang-Kacangan tinggi akan protein dipercaya bagus untuk proses pertumbuhan otot dan bagus pula untuk mengobati otot yang rusak akibat fitnes yang berlebih

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Bahan-Bahan:

3 buah kacang panjang, potong

21 buah labu siam, kupas potong

21 lembar kol, potong

22 sdm kacang tanah

1 genggam daun melinjo

1 buah jagung, potong

22 cm lengkuas

3 lembar daun salam

1000 ml air

secukupnya gula dan garam

1 sdm terasi matangseukupnya kaldu bubuk non msg

3 buah asam jawa4 buah cabe hijau besar, potong-potong

bumbu halus:

3 butir kemiri

5 buah bawang merah

4 siung bawang putih

2 buah cabai merah besar

4 dari 4 halaman

Langkah Pembuatan:

Berikut langkah-langkah pembuatan sayur asem:

1. Siapkan semua bahan yang telah dicuci dengan bersih

2. Didihkan air di panci.

3. Masukkan semua bumbu halus lengkuas, daun salam dan cabai hijau, kacang tanah dan jagung jika sudah matang masukkan labu jika labu sudah setengah matang masukkan kol, daun melinjo dan kacang panjang.

4. Masukkan gula garam dan asam

5. Masak sampai matang agar bahan-bahan menjadi empuk dan enak dinikmati.

6. Cicipi rasa, angkat Sajikan bersama ikan asin goreng. Bisa juga disajikan bersama ayam goreng atau tempe tahu goreng

7. Cek rasa

8. Matikan api. Sayur asem yang telah matang bisa disajikan dengan kondisi hangat agar rasanya makin segar dan sedap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini