Sukses

SEA Games 2021 Mepet dengan Idul Fitri, Atlet Indonesia Diminta Tidak Mudik

Hari Raya Idul Fitri 1443 H berdekatan dengan pelaksanaan SEA Games 2021 yang akan berlangsung di Hanoi, Vietnam pada bulan ini.

Liputan6.com, Jakarta Tradisi mudik menyambut Hari Raya Idul Fitri kembali berlangsung di Indonesia. Setelah dua tahun sempat terkendala oleh pandemi, kali ini jutaan orang kembali ke kampung untuk berlenbaran.

Meski demikian, Chef de Mission kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Hanoi, Ferry J Kono, meminta para atlet tetap berada di pemusatan latihan atau pelatnas. Mereka diminta rela untuk tidak mudik demi menjaga kondisi kebugaran jelang tampil di pentas olahraga multi cabang dua tahunan tersebut.

Ferry seperti dilansir dari situs Antara mengatakan, kalau Hari Raya Idul Fitri 1443 H berdekatan dengan pelaksanaan SEA Games 2021 yang akan berlangsung di Hanoi, Vietnam. Hal ini membuat pihaknya khawatir dengan kesehatan dan kebugaran para pemain bila tetap memaksakan untuk mudik.

"Ini SEA Games yang tidak biasa karena Hari Raya Idul Fitri berdekatan dengan penyelenggaraan dan keberangkatan kontingen ke Vietnam. Sebagai CdM saya mengimbau agar atlet tidak mudik dan tetap menjaga prokes (protokol kesehatan)," ujar Ferry melalui siaran persnya kepada sejumlah media.

SEA Games 2021 Hanoi Vietnam seharusnya berlangsung pada tahun lalu. Namun karena pandemi COVID-19, pesta olahraga multi cabang ini terpaksa diundur hingga tahun ini. Rencananya, SEA Games ke 31  akan digelar di Hanoi, Vietnam mulai 12 hingga 23 Mei.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekuatan Kontingen Indonesia

Sebanyak 499 atlet Indonesia bakal tampil pada 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Kontingen Indonesia terdapat penambahan atlet dengan masuknya cabang futsal putra (14), balap sepeda (6), dan renang (1). Sementara rombongan besar kontingen Indonesia rencananya bakal bertolak ke Hanoi, Vietnam, pada 10 dan 11 Mei, sebelum acara pembukaan digelar 12 Mei 2022.

Kondisi arus mudik dan arus balik juga menjadi kekhawatiran CdM bila para atlet tetap memaksakan mudik.

"Takunya, jika mudik akan terjebak macet sehingga mempengaruhi kebugaran atlet. Jadi mohon maaf, sebaiknya para atlet tidak melakukan mudik dan fokus saja untuk SEA Gamers Vietnam," ujar Ferry menambahkan.

 

 

3 dari 3 halaman

Tim CdM juga Tidak Mudik

Meski berdekatan dengan perayaan Idul Fitri, Ferry berjanji timnya akan berjuang sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhan atlet. Karena itu, tim CdM juga memutuskan untuk tidak mudik tahun ini.

"Perencanaan adalah kuncinya. Karena itu kami membuat perencanaan dari keberangkatan atlet selama di Vietnam dan kepulangan dengan sangat matang," kata Ferry

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.