Sukses

Cara Memasak Daging Rendang yang Enak dan Empuk

Rendang nampaknya menjadi salah satu hidangan yang wajib ada saat lebaran tiba.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung jam, sudahkah Anda memasak menu khas lebaran di rumah? Berbicara mengenai menu lebaran, rendang nampaknya menjadi salah satu hidangan yang wajib ada saat lebaran tiba. Rendang biasanya dinikmati bersamaan dengan ketupat dan sayur labu.

Tak lupa bawang goreng dan kerupuk juga melengkapi santapan lebaran kalian. Meski begitu, membuat rendang bisa menjadi tantangan sendiri bagi sebagian orang. Pasalnya, jika tak bisa mengolahnya dengan benar, daging rendangc bisa keras dan sulit dimakan.

Itu mengapa penting untuk mengetahui cara memasak daging rendang yang empuk dan nikmat. Berikut ini cara masak rendang agar empuk yang bisa dilakukan di rumah.

1. Potong Daging Searah dengan Serat

Cara pertama agar dapat menghasilkan rendang yang empuk ialah dengan memperhatikan cara memotong dagingnya. Kalian bisa memotong daging tepat searah dengan serat daging. Bila daging dipotong tidak searah seratnya, maka nanti ketika diolah jadi agak alot. Kemudian, sebelum daging diolah coba lumuri daging dengan jahe parut atau nanas parut dan diamkan selama beberapa menit. Hal itu akan membuat daging menjadi lebih empuk. Pilihlah bagian paha sapi untuk membuat rendang karena daging bagian paha teksturnya kuat dan tidak mudah hancur.

2. Pukul-Pukul Daging Sebelum Dimasak

Selanjutnya daging yang sudah dicuci dipukul-pukul terlebih dahulu agar bumbu bisa mudah meresap ke dalam daging. Pastikan daging jangan sampai pipih. Atau, Anda juga bisa memijat daging menggunakan minyak atau margarin sebelum diolah.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara selanjutnya

3. Pakai Santan Secukupnya

Selanjutnya perhatikan penggunaan santan pada saat membuat rendang. Gunakan patokan 1:3 untuk perbandingan daging dengan santan. Misal, setiap 1 kilogram daging maka Anda membutuhkan santan kental dari 3 buah kelapa.

Saat memasak, pastikan bumbu dan santan telah dimasak terlebih dahulu. Setelah mengental dan mengeluarkan minyak, barulah masukkan daging untuk dimasak hingga matang.

4. Masak dengan Api Kecil

Agar daging rendang empuk dan tidak mudah hancur, masaklah menggunakan api kecil. Memasak dengan api kecil akan membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Penggunaan api yang besar saat memasak rendang membuat tekstur daging mudah hancur saat diaduk. Selain itu, bumbu rendang juga akan jadi lebih cepat gosong.

5. Jangan Terlalu Sering Diaduk

Saat memasak rendang, sebaiknya jangan terlalu sering diaduk. Anda bisa mengaduknya sesekali saja saat santan masih dalam keadaan banyak dan belum menyusut. Namun, saat santan mulai menyusut Anda hanya perlu mengadung rendang dengan cara mendorongnya menggunakan spatula. Ini dilakukan supaya daging rendang tidak gosong dan santan tidak pecah saat dimasak. Durasi memasak rendang sendiri bervariasi bisa sampai 5 hingga 8 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.