Sukses

Grand Master Rusia Juara Turnamen Catur Ramadhan Cup 2022

GM asal Rusia menjadi yang terbaik di turnamen catur Ramadhan Cup 2022 yang berlangsung di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta- Grand Master (GM) dari Rusia, Ruslan Shcherbakov menjadi juara turnamen catur JAPFA Ramadhan Cup 2022. Ruslan pun berhak membawa pulang trophy dan hadiah Rp 10 juta. 

Ramadhan Cup 2022 berlangsung di Gedung Serbaguna GBK Senayan Jakarta, 27-28 April 2022. Turnamen hasil kerja sama PB Percasi dengan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) ini. Ajang ini diikuti 242 pecatur dari 16 provinsi di Indonesia. 

Turnamen catur ini juga jadi ajang ngabuburit. Pasalnya olahraga catur tetap dapat dilakukan meski tengah menjalankan ibadah puasa karena tak terlalu menguras fisik. 

Ruslan Shcherbakov yang merupakan pelatih Timnas Catur Indonesia ke SEA Games 2021 di Vietnam memastikan keluat sebagai juara pertama setelah bermain remis pada babak kesembilan atau terakhir melawan Master Nasional (MN) Eko Supriyono dari Jawa Barat, Kamis (28/4/2022).

Memegang buah putih Ruslan tak memaksakan kemenangan pada laga terakhir melawan Eko. Karena hasil remis sudah cukup bagi Ruslan untuk mengunci gelar juara. 

"Kami tadi sepakat remis di langkah ke-25. Sulit bagi saya untuk memaksakan kemenangan karena permainan sangat rapat. Lawan pegang hitam bermain sangat baik, pertahanannya sangat kokoh," ujar Ruslan seperti dilansir Antara. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Novendra

Tambahan 0,5 poin dari partai remis melawan Eko membuat Ruslan Shcherbakov mengemas poin tertinggi yaitu 8 poin hasil dari 7 kali menang dan 2 kali remis.

Posisi runner-up diduduki pecatur Timnas Indonesia ke SEA Games 2021 di Vietnam, GM Novendra Priasmoro. 

Prestasi tersebut diraih Novendra setelah mengalahkan seniornya Master Internasional (MI) Irwanto Sadikin dari Jawa Barat. Kemenangan tersebut membuat Novendra mengemas 7,5 poin hasil dari 7 kali menang, 1 kali kalah dan 1 kali remis). 

3 dari 4 halaman

Hadiah

Novendra mendapatkan thropy dan hadiah uang sebesar Rp 6 juta. 

Sementara peringkat ketiga ditempati MN Eko Priyono yang juga mengemas nilai 7,5. Eko harus puas di peringkat ketiga karena kalah nilai solkoff dari Novendra Eko berhak atas thropy dan hadiah uang sebesar Rp 3juta.

Tak hanya juara, runner-up dan peringkat ketiga mendapatkan hadiah. Panitia Penyelenggara juga memberikan hadiah kepada para peserta yang menempati peringkat 1 hingga 50.

4 dari 4 halaman

Penutupan

Turnamen catur Japfa Ramadhan Cup 2022 di Gedung Serbaguna GBK Senayan Jakarta secara resmi ditutup oleh Wakil Ketua Umum Ichsan Soelistio. Turut hadir Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, PR Manager PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Agus Mulyono dan jajaran pengurus PB Percasi. 

"Tentu harapan kami akan muncul sponsor-sponsor lain seperti Japfa yang selalu membantu pembinaan catur di Indonesia. Semoga dukungan yang diberikan Japfa dapat melahirkan pecatur-pecatur handal yang berprestasi dan mampu bersaing di pentas dunia. Kami juga berharap pandemi covid-19 segera berakhir sehingga kegiatan catur digelar dengan aman dan nyaman," kata Ichsan Soelistio. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.