Sukses

Biar Dapat Berkah, Baca Doa Ini Setelah Membeli Barang Baru

Setelah membeli barang baru, berupa pakaian, kendaraan atau pun gadget, kita perlu bersyukur kepada Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah membeli barang baru, berupa pakaian, kendaraan atau pun gadget, kita perlu bersyukur kepada Allah SWT.

Saat tiba di rumah, tentu kita ingin segera menggunakan barang baru tersebut. Kita ingin tahu, seberapa bermanfaatnya barang yang baru terbeli itu. Selain itu, agar barang baru tersebut membawa kebaikan dan keberkahan dalam kehidupan kita, maka kita dianjurkan untuk membaca doa ini. 

Melansir dari Nu, Kamis (28/4/2022), doa ini disebutkan oleh Imam An-Nawawi melalui riwayat dalam kitab Al-Azkar berikut ini:

 يستحب في الأول أن يأخذ بناصيته ويقول: اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ. وقد سبق في كتاب أذكار النكاح الحديث الوارد في نحو ذلك في سنن أبي داود وغيره 

Artinya,

 Seseorang dianjurkan untuk pertama kali memegang jambul (bagian depan kepala unta) dan berdoa, ‘Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya.’ Hadits serupa ini sudah disebut telah lalu pada bab nikah di Sunan Abu Dawud dan selainnya. (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 275).

Berikut doa yang bisa Anda baca sambil memegang barang yang baru Anda beli.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ

Allahumma inni as-aluka khoirohu wa khoiroma jubila alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihî wa syarri mâ jubila alaih.

Artinya,

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan sifat yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan sifat yang ada di dalamnya."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.