Sukses

Cara Mudah Membuat Ketupat yang Enak

Perayaan Idul Fitri identik dengan berbagai tradisinya, seperti makanan khasnya yakni ketupat.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Idul Fitri identik dengan berbagai tradisinya, seperti makanan khasnya yakni ketupat. Makanan yang dibalut kulit kelapa ini menjadi menu andalan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, saat lebaran tiba.

Setiap keluarga memiliki cara yang berbeda saat menghidangkan ketupat. Biasanya ketupat dihidangkan bersama opor ayam, sayur pepaya, rendang dan semur daging.

Bagi segelintir individu, memasak ketupat bisa menjadi hal yang sangat sulit. Tak heran jika banyak dari mereka akan lebih memilih membeli ketupat yang sudah jadi dan bisa langsung dimakan.

Memasak ketupat memang susah-susah gampang dan perlu teknik sendiri. Anda perlu memilih janur dan beras yang baik. Namun, cara mengisi beras dalam kulit ketupat dan cara merebusnya pun harus tepat agar ketupat bisa matang dengan sempurna.

Jika Anda tidak ingin membeli cangkang ketupat yang sudah jadi, Anda bisa menganyamnya sendiri. Tipsnya, Anda perlu memilih daun kelapa yang masih muda atau bewarna hijau muda.

Cara membuat ketupat dari daun kelapa:

1. Pertama-tama siapkan janur daun kelapa yang masih utuh. Lalu buang batang keras pada daun kelapa.

2. Selanjutnya ambil satu helai janur. Gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan kiri dengan posisi bawah janur menghadap ke atas.

3. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan kiri sebanyak tiga kali dengan sedikit ditekan oleh jempol. Namun, kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.

4. Buatlah kedua gulungan janur, tetapi saling bersilangan. Namun, janur harus tetap dalam posisi tergulung.

5. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.

6. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti menganyam.

7. Teruskan anyaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.

8. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa dianyam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara membuatnya

Cara membuatnya

1. Pertama-tama cuci beras hingga bersih dan tiriskan airnya.

2. Lalu masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam kulit ketupat. Anda hanya perlu mengisi ketupat 2/3 bagian, karena beras akan mengembang dan memenuhi kulit ketupat.

3. Selanjutnya siapkan panci, dan pilih panci yang besar. Lalu masukkan ketupat dan tuang air hingga menutupi seluruh ketupat. Masak ketupat selama kurang lebih tiga jam.

4. Setelah ketupat matang, angkat dan tiriskan airnya. Angin-anginkan ketupat terlebih dahulu hingga dingin agar ketupat tahan lama dan siap disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.