Sukses

Beberapa Hal yang Membatalkan Iktikaf di Bulan Ramadhan

Berikut beberapa hal yang membatalkan dan tak membatalkan iktikaf selama Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Iktikaf jadi salah satu aktivitas yang ramai dilaksanakan jelang akhir bulan Ramadhan. Mereka makin meningkatkan ibadahnya saat Ramadhan. Namun, ada sejumlah hal yang membatalkan iktikaf, seperti diungkapkan oleh ustaz Ahmad Sarwat, Lc.,MA. Berikut di bawah ini sederet hal yang membatalkan iktikaf.

1. Jimak

Dasar yang menjadi alasan kenapa jimak itu membatalkan itikaf adalah firman Allah SWT : “…Dan janganlah kamu melakukan persetubuhan ketika kamu beri’tikaf di masjid…”. (QS. Al-Baqarah : 187)

Menurut Ahmad Sarwat, mungkin sulit dibayangkan ada orang melakukan jimak di dalam masjid, apalagi sedang dalam keadaan beritikaf. Bukankah masjid itu tempat umum dan biasanya banyak orang, lalu bagaimana caranya berjimak di tempat umum yang banyak orang?

2. Keluar dari Masjid

Yang dimaksud dengan keluar dari masjid adalah apabila seseorang keluar dengan seluruh tubuhnya dari masjid. Sedangkan bila hanya sebagian tubuhnya yang keluar dan sebagian lainnya masih tetap berada di dalam masjid, hal itu belum dianggap membatalkan itikaf. Sebab kejadian itu dilakukan oleh Rasulullah SAW sebagaimana disebutkan di dalam hadits berikut :

"Rasulullah SAW menjulurkan sebagian kepalanya kepadaku, padahal aku berada di dalam kamarku. Maka aku menyisirkan rambut kepalanya sedangkan aku sedang haid" (HR. Bukhari dan Muslim).

Para ulama sepakat mengatakan bahwa di antara hal-hal yang membatalkan itikaf adalah ketika seseorang keluar dari masjid, tanpa hajat yang masyru’.

3. Murtad

Orang yang sedang beri’tikaf lalu tiba-tiba dia murtad atau keluar dari agama Islam, maka itikafnya otomatis batal dengan sendirinya. Sebab keislaman seseorang menjadi salah satu syarat sah itikaf.

Dasar dari ketentuan ini adalah fiman Allah SWT : “Bila kamu menyekutukan Allah (murtad), maka Allah akan menghapus amal-amalmu dan kamu pasti jadi orang yang rugi.” (QS Az-Zumar )

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Mabuk

Jumhur ulama sepakat apabila seorang yang sedang beri’tikaf mengalami mabuk, maka itikafnya batal. Itu adalah pendapat madzhab Al-Malikiyah, Asy-Syafi’iyah dan Al-Hanabilah.

Sedangkan mazhab Al-Hanafiyah berpendapat bahwa orang yang mabuk saat beritikaf tidak batal, kalau kejadiannya malam hari. Sedangkan kalau kejadiannya di siang hari, mabuk itu membatalkan puasa. Dan dengan batalnya puasa, maka itikafnya juga ikut batal juga.

5. Haidh dan Nifas

Kala seorang wanita menjalani itikaf, lalu tiba-tiba keluar darah haidh, maka otomatis batal tikafnya. Demikian pula wanita yang baru melahirkan dan merasa sudah selesai nifasnya, kalau ketika dia beritikaf lalu tiba-tiba darah nifasnya keluar lagi, dan memang masih dimungkinkan karena masih dalam rentang waktu kurang dari 60 hari, maka dia harus meninggalkan masjid.

3 dari 4 halaman

Jenis Hajat yang Tak Batalkan Iktikaf

a. Buang Air dan Mandi Wajib

Para ulama sepakat bila seorang yang sedang beritikaf kebelet harus pipis atau buang air besar, maka keluarnya dari masjid tentu tidak membatalkan i’tikafnya. Sebab buang air kecil di masjid termasuk sesuatu yang diharamkan oleh Rasulullah.

Demikian juga dengan mandi wajib, yaitu mandi janabah. Bila seorang yang sedang beri’tikaf di masjid, tiba-tiba dalam tidurnya bermimpi hingga keluar mani, maka dia wajib segera meninggalkan masjid, untuk melaksanakan mandi janabah. Untuk itu, keluarnya dari masjid tidak membatalkan itikafnya.

Dasar kebolehannya adalah hadis berikut ini : "Dari Aisyah radhiyallahuanha bahwa Nabi SAW tidak masuk ke dalam rumah kecuali karena ada hajat, bila beliau sedang beri’tikaf. (HR. Bukhari Muslim)

Termasuk ke dalam kebolehan ketika beritikaf adalah kepentingan untuk membuang benda-benda najis yang kebetulan ada di dalam masjid. Juga bila seseorang merasa ingin muntah, entah karena sakit atau sebab lain, pada saat dia sedang beri’tikaf, maka dia boleh keluar masjid tanpa membatalkan i’tikafnya.

Dan untuk semua ini, tidak diharuskan dengan cara berlari terburu-buru. Silakan saja semua dilakukan dengan santai dan tenang tanpa harus takut batal itikafnya. Sedangkan apabila hajatnya itu sekedar berwudhu, maka menurut Asy-Syafi’iyah, bisa dikerjakan di dalam masjid.

4 dari 4 halaman

b. Makan dan Minum

Madzhab Al-Hanafiyah, Al-Malikiyah dan Al-Hanabilah sepakat mengatakan bahwa seorang yang sedang beri’tikaf lalu keluar masjid untuk kepentingan makan atau minum, maka itikafnya batal dengan sendirinya.

Sebab seharusnya, ketika mau beritikaf, mereka sudah menetapkan orang yang akan melayani atau membawakan mereka makanan dan minuman ke dalam masjid. Sehingga mereka tidak perlu keluar untuk mencari makan.

Hal itu juga didasari oleh pendapat mereka bahwa makan dan minum di dalam masjid sama sekali tidak ada larangan atau kemakruhan.

Sedangkan madzhab Asy-Syafi’iyah membolehkan seseorang yang sedang beritikaf untuk keluar masjid demi mencari makanan atau minuman. Dan dalam madzhab ini, makan dan minum di masjid termasuk hal yang kurang didukung, karena dianggap agak memalukan.

c. Menjenguk Orang Sakit dan Shalat Jenazah

Rasulullah SAW diriwayatkan pernah ketika sedang beritikaf, beliau keluar masjid dan menjenguk orang sakit. Dasarnya adalah hadits marfu’ yang oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani didhaifkan :

"Rasulullah SAW pernah menjenguk orang sakit padahal beliau sedang beritiikaf." (HR. Abu Daud)

Namun karena kelemahan periwayatan sanadnya, maka kebanyakan ulama tidak memperbolehkan orang yang sedang beri’tikaf untuk keluar masjid hanya sekedar untuk menjenguk orang yang sedang sakit atau untuk menshalatkan jenazah.

Namun kalau sebelumnya seseorang keluar masjid karena ada hajat yang masyru’, kemudian pulangnya sekalian menjenguk orang sakit atau menshalatkan jenazah seseorang, oleh sebagian ulama hal itu dianggap boleh. Syaratnya, semua dilakukan dengan tidak terlalu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.