Sukses

Doa Pagi Hari yang Bisa Diamalkan Secara Rutin, Memperlancar Aktivitas dan Rezeki

Doa pagi hari dapat dipanjatkan setia hari, supaya diberi kelancaran aktivitas dan dibukakan pintu rezeki.

Liputan6.com, Jakarta Bacaan doa pagi menjadi salah satu amalan yang dianjurkan Rasulullah, terumata di bulan Ramadhan. Doa pagi hari ini dapat diamalkan secara rutin agar menjadi pembuka rezeki, berkah, dan memperlancar aktivitas. Melalui doa, hajat seseorang dapat diluapkan dengan harapan agar terkabulkan.

Selain sebagai bentuk rasa syukur kita atas nikmat dan karunia Allah SWT karena masih diberikan kesehatan, doa pagi hari dalam Islam juga merupakan nutrisi bagi jiwa agar lebih semangat menyambut hari.

Membaca doa pagi hari sudah sewajarnya diamalkan sebagai manusia yang bertakwa kepada Allah SWT. Lantas bagaimana doa pagi hari? Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa pagi hari yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (25/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Pagi Hari Sesuai Ajaran Rasulullah

1. Doa memohon berkah

Berikut doa pagi hari memohon berkah dan perlindungan:

Allahumma Bika Asbahna, Wa Bika Amsayna Wabika Nahya Wabika Namuutu Wailaikannusyuur.

Artinya: “Ya Allah, Berkat-Mu kami bisa menikmati pagi hari, karena berkah-Mu kami bisa berada di sore hari, karena-Mu pula kami bisa hidup, dan dengan-Mu kelak kami wafat. Hanya kepada-Mu kelak kami akan kembali.”

2. Doa dihindarkan dari rezeki haram

Berikut ini doa pagi hari yang memohon supaya terhidar dari rezeki yang haram, yaitu:

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah hamba mohon cukupkanlah kami dengan segala bentuk rezeki yang halal dan jauhkanlah kami dari rezeki yang haram. Selain itu cukupkanlah juga aku dengan karunia-Mu dari bergantung hanya pada-Mu.” 

3. Doa memohon perlindungan

Berikut ini doa pagi hari yang memohon perlindungan:

Ashbahna wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadir. Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha, wa a‘udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha. Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘azabi fin nari wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya: “ Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan keburukan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Pagi Hari Memohon Perlindungan

4. Doa memohon perlindungan dari makhluk

Berikut ini doa pagi hari untuk memohon perlindungan dari makhluk ciptaan Allah SWT, yaitu:

A’udzu bi kalimatillahit tammati min syarri ma khalaq.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya," (HR Muslim dan Ibnu Sina).

5. Doa memohon perlindungan dari setan

Sebagaimana kita tahu, musuh manusia adalah setan, dalam hal ini doa pagi hari dapat dilantunkan agar memohon perlindungan dari setan. Berikut doa pagi hari untuk memohon perlindungan dari setan, yaitu:

Allahumma fathiras samawati wal ardhi, ‘alimul ghaibi was syahadah, rabba kulli syai’in wa malikah, ashadu an la ilaha illa anta. A‘udzu bika min syarri nafsi wa syarris syathani wa syirkih.

Artinya: "Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang ghaib dan nyata, tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada tuhan selain Kau. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan dan sekutunya," (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

6. Doa memohon perlindungan dari keburukan

Berikut doa pagi hari untuk memohon perlindungan dari keburukan, yaitu:

Bismillahil ladzi la yadhurru ma‘as mihi syai’un fil ardhi wa la fis sama’i wa huas sami’ul ‘alim.

Artinya, "Dengan nama Allah, Zat yang apa pun di bumi dan di langit tidak mudharat dengan asma-Nya. Dia maha mendengar dan maha tahu,” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Pagi Hari yang Baca Rasulullah

7. Doa memohon kasih sayang Allah SWT

Berikut ini doa yang bisa anda panjatkan di pagi hari untuk memohon kasih sayang Allah SWT:

Ya awwalal awwalin wa yaa aakhirol aakhiriina wa yaa dzal quwwatil matiin wa roohimal masakiin wa yaa arhamar rahimin.

Artinya: “Wahai Yang Maha Awal di antara mereka yang awal, wahai Yang Maha Akhir di antara mereka yang terakhir. Wahai Pemilik Kekuatan, wahai Maha Penyayang orang-orang miskin, wahai Maha Pengasih di antara mereka yang maha pengasih.” Lafal doa ini dikutip dari sebuah hadits Riwayat Abu Dawud.

8. Doa terlindung dari ketidakberdayaan

Berikut doa pagi hari agar terlindung dari ketidakberdayaan:

Allahumma inni a'udzu bika minal lammi wal khazan, wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasal, wa a'udzu bika minal jubni wal bukhli, wa a'udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya: " Ya Allah, sungguh aku mohon perlindungan-Mu dari rasa gundah dan sedih, juga rasa tak berdaya dan malas, dari rasa kikir dan bakhil, juga aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan perendahan dari orang lain."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.