Sukses

Manfaat Salat Tarawih di 10 Malam Terakhir Bulan Ramadhan

Keutamaan salat tarawih yang pertama adalah pengampunan dosa.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu amalan sunah yang dianjurkan di setiap malam bulan Ramadhan adalah salat tarawih. Salat sunah yang satu ini memang hanya dikerjakan pada bulan Ramadhan.

Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadhan sudah banyak dijelaskan dalam beberapa hadis Rasulullah Saw, salah satunya yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim.

"Barangsiapa mengerjakan sholat malam di bulan Ramadhan (salat tarawih) karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu."

Keutamaan sholat tarawih akan dilipatgandakan pahalanya, terutama bila dilakukan berjamaah. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw tentang keutamaan sholat tarawih berjamaah.  "Sesungguhnya seseorang jika sholat tarawih bersama imam sampai salam, maka dihitung pahalanya sholat satu malam suntuk." (HR. Abu Daud)

Melansir laman dream.co,id, keutamaan salat tarawih juga bisa diperinci lagi berdasarkan pembagian harinya, mulai dari sepuluh malam pertama hingga sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Keutamaan salat tarawih 10 malam terakhir di bulan Ramadhan tentu menarik untuk diketahui.

Dengan mengetahui keutamaan salat tarawih 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, akan meningkatkan kualitas ibadah seorang Muslim. Sebab pada hari-hari inilah Lailatul Qadar akan turun kepada hamba-hamba pilihan Allah SWT.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Malam Lailatul Qadar

Anjuran melaksanakan salat tarawih di setiap malam pada bulan Ramadhan tentu bukan tanpa alasan. Sebab salat tarawih di bulan Ramadhan memberikan manfaat yang menakjubkan bagi umat Islam.

Berikut beberapa manfaat salat tarawih di bulan Ramadhan yang perlu diketahui.

1. Kesempatan Meraih Malam Lailatul Qadar

Salat tarawih setiap malam tentu menjadi kesempatan yang besar bagi umat Islam untuk meraih malam paling istimewa yaitu Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar diperediksi akan datang pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Dengan berbagai ciri-ciri yang telah disebutkan oleh Rasulullah, banyak umat Muslim berbondong-bondong untuk mendapatkan keistimewaan tersebut, salah satunya dengan rajin dan ikhlas menjalankan salat tarawih.

2. Pengampunan Dosa

Keutamaan salat tarawih yang pertama adalah pengampunan dosa. Salat tarawih ini bisa menggugurkan dosa dan mendapat pahala dari Allah. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan dari Abu Hurairah di bawah ini.

Rasulullah Saw., bersabda yang artinya: “ Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (sholat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Yang dimaskud pengampunan dosa dalam hadis tersebut adalah bia mencakup dosa besar dan dosa kecil berdasarkan tekstual hadis. Namun pendapat lain mengatakan yang dimaksud pengampunan dosa adalah khusus untuk dosa kecil.

3 dari 3 halaman

3. Keutamaan Salat

Mazhab Hanabillah menyebut bahwa seutama-utamanya salat sunah adalah salat yang dikerjakan secara berjamaah. Salat tarawih ini adalah salah satu salat yang ditekankan untuk dilakukan secara berjamaah, meskipun dilaksanakan di rumah.

Hal itu sesuai dengan hadis Nabi Saw, yang artinya:  "Siapa yang sholat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh."

Jika salat tarawih dilaksanakan di rumah, maka alangkah baiknya dilakukan berjamaah dengan keluarga untuk mendapatkan keutamaan tersebut.

4. Menyehatkan Jasmani dan Rohani

Salat tarawih ini ternyata bisa membuat tubuh sehat dan meningkatkan stamina di saat bulan Ramadhan. Sebab, pada saat melaksanakan shoat tarawih tubuh melakukan gerakan-gerakan salat yang bermanfaat untuk olahraga. Efeknya pun sama seperti melakukan latihan olahraga.

5. Meningkatkan Rasa Cinta Terhadap Masjid

Bila salat tarawih dikerjakan di masjid, maka selain memperkuat silaturahmi, juga untuk meningkatkan kecintaan kepada masjid. Salat tarawih di masjid ini akan membuat orang-orang yang menjalankannya menjadi lebih tenang hatinya. Selain itu bisa menjadi alasan untuk sering mengunjungi masjid pada bulan Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.