Sukses

4 Tips Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Puasa

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit bibir kering.

Liputan6.com, Jakarta - Saat puasa, tak sedikit individu yang mengalami bibir kering lantarannya kurangnya cairan. Kulit di bibir jauh lebih tipis dan lebih halus daripada di bagian tubuh lainnya. Bibir juga terkena unsur-unsur, termasuk matahari dan dingin, udara kering, membuat mereka rentan terhadap kekeringan, pecah-pecah, dan mengelupas.

Bibir kekurangan kelenjar minyak sehingga tidak dapat menghasilkan kelembapannya sendiri. Kulit di bibir berbeda dengan di bagian wajah lainnya. Meskipun struktur dasarnya serupa, kulit di bibir jauh lebih tipis dan lebih halus.

Berbeda dengan kulit yang menutupi seluruh tubuh, kulit di bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga tidak dapat menghasilkan kelembapan. Berbagai faktor eksternal dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah.

Namun jangan khawatir, pasalnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit bibir kering saat puasa. Dilansir dari medicalnewstoday, Jumat (22/4/2022), berikut ulasannya:

1. Gunakan lip balm

Beberapa lip balm lebih baik daripada yang lain, dan merek populer mungkin mengandung bahan yang membuat bibir kering. Misalnya, banyak pelembap bibir yang mengandung mentol atau perasa mint lainnya.

Ini dapat memberikan sensasi dingin, tetapi mint sangat mengeringkan dan dapat membuat bibir lebih pecah-pecah dari sebelumnya. Hindari produk bibir yang beraroma karena bahan-bahan ini juga dapat mengeringkan bibir. Sebagai gantinya, carilah pelembap bibir yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembapkan, seperti Petroleum, Lanolin, Beeswax, dan Ceramide.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Eksfoliasi bibir

Bibir pecah-pecah ditutupi lapisan kulit kering yang dapat mencegah bahan penyembuhan dalam lip balm mencapai area yang tepat.

Kalian dapat menggunakan scrub bibir yang mengandung gula atau soda kue untuk mengelupas kulit kering dengan lembut. Saat berbelanja scrub bibir, carilah produk yang mengandung bahan yang akan menenangkan dan melembabkan bibir. 

3. Minum cukup air

Dehidrasi adalah penyebab utama bibir pecah-pecah. Orang mungkin tidak menyadari ketika mereka sedikit mengalami dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, tubuh menarik air dari area tertentu untuk memastikan sel-sel lain tetap terhidrasi. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, termasuk pada bibir.  Itu mengapa banyak orang yang sedang berpuasa mengalami bibir kering. Untuk mengatasinya kalian bisa minum cukup air saat sahur dan berbuka puasa. 

4. Hindari merokok

Asap tembakau dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir, menyebabkannya mengering dan menjadi lebih mudah pecah-pecah.

Merokok juga dapat menyebabkan masalah lain pada mulut, seperti sariawan dan nyeri gusi. Banyak orang mungkin akan menyadari bahwa bibir pecah-pecah akan hilang segera setelah mereka berhenti merokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.