Sukses

Cara Membuat Air Nabeez yang Benar, Infused Water Favorit Rasulullah

Air Nabeez adalah kurma yang direndam dalam air semalaman dalam wadah yang tertutup dan diminum keesokan harinya.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat air nabeez dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Air nabeez adalah air rendaman (infused water) kurma atau kismis yang jadi favorit Rasulullah SAW. Air minum ini juga terkenal akan khasiatnya bagi tubuh.

Merendam kurma atau jenis buah lain dalam air dapat memecah molekul nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh. Air nabeez dapat dibuat dengan tambahan madu, daun mint, jahe, atau rempah maupun buah lainnya. Air ini dapat anda konsumsi ketika sahur dan berbuka puasa.

infused water kurma kaya akan antioksidan, sehingga baik untuk kesehatan. Minuman ini bisa menjadi pengganti jika aku tengah mengurangi gula. Sehingga, banyak umat muslim yang mengonsumsi air nabeez di bulan Ramadhan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membuat air nabeez dan cara memilih kurma yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Air Nabeez yang Benar

Bahan:

- 5-7 butir kurma (disunnahkah jumlahnya ganjil)

- 1 gelas air

- 1 sendok teh madu

Cara Membuat air nabeez:

1. Rendam kurma atau kismis dalam air semalaman di dalam wadah berpenutup rapat.

2. Singkirkan biji kurma atau kismis. Kemudian, haluskan daging buah kurma bersama air dan tambahkan madu.

3. Saring untuk mendapatkan airnya dan sajikan.

4. Pilihan lain, anda bisa langsung minum air rendaman kurma atau kismis tanpa menghaluskannya. Kemudian kurma dan kismis bisa dimakan terpisah.

5. Setelah itu masukkan dalam wadah dan tutup rapat, serta diamkan paling sedikit 8 jam.

6. Simpan di dalam suhu ruangan atau lemari es.

Buatlah air nabeez pada malam hari, kemudian minum saat sahur. Sebelum diminum, sebaiknya diaduk terlebih dahulu agar kurma yang sudah melunak bisa tercampur dengan air. Minum ramuan ini sampai habis.

3 dari 5 halaman

Cara Memilih Kurma untuk Membuat Air Nabeez

Air Nabeez adalah kurma yang direndam dalam air semalaman dalam wadah yang tertutup dan diminum keesokan harinya. Nabeez (juga disebut Nabidh atau Nabedh) adalah salah satu minuman yang dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan dari Imam Muslim bahwa Aisyah pernah ditanya tentang air nabeez. Dia kemudian memanggil pelayan perempuan dari Habasyah. Kemudian pelayan tersebut menjawab, "Aku pernah membuat nabeez untuk beliau dalam sebuah kantong kulit pada malam hari. Kemudian aku mengikatnya dan menggantungnya. Lalu di pagi hari beliau SAW meminumnya."

Dari Aisyah ia berkata, "Kami biasa membuat perasaan untuk Rasulullah SAW di dalam air minum yang bertali di atasnya. Kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari." (HR Muslim).

Minuman ini pada dasarnya memiliki prinsip yang sama dengan infused water, hanya saja tidak menggunakan buah-buahan tetapi menggunakan kurma yang berkualitas baik. Jenis kurma beraneka ragam, mulai dari ajwa, tunisia, hingga kurma rutabh atau biasa disebut kurma muda. Ada yang lebih cocok dikonsumsi langsung, ada yang konon lebih cocok dibikin rendaman atau infused water. Namun, kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez memang kurma ajwa.

4 dari 5 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Air Nabeez

Dalam membuat air nabeez, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar air nabeez kurma atau kismis ini tidak berkurang manfaatnya. Berikut penjelasannya:

1. Gunakan hanya satu buah saja, kurma atau kismis. Jangan dicampur.

2. Hanya dapat bertahan 1-2 hari saja.

3. Apabila sudah memasuki hari ke-3, haram hukumnya untuk diminum karena air rendaman tersebut sudah menjadi arak.

5 dari 5 halaman

Manfaat Air Nabeez untuk Kesehatan

1. Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat air nabeez yang pertama adalah untuk menstabilkan tekanan darah. Air Nabeez kaya akan kalium. Sehingga minuman ini dinilai dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan menjaga kinerja jantung. Kalium sendiri adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena jika tubuh kekurangan kalium, maka tubuh dapat dengan mudah merasa lelah.

2. Menghilangkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Manfaat air nabeez yang lainnya yaitu untuk menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi membuat air nabeez dinilai sangat ampuh untuk mengatasi masalah sembelit. Air nabeez juga dipercaya dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan daya ingat.

3. Meningkatkan Daya Tahan

Manfaat air nabeez yang berikutnya adalah untuk meningkatkan daya ingat. Air nabeez juga memiliki kandungan zat besi. Zat besi ini akan bekerja untuk membantu menstabilkan metabolisme protein, menjaga produksi hemoglobin dan sel darah merah, serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi meminumnya secara teratur akan membuat kita terhindar dari banyak serangan penyakit.

4. Meningkatkan Energi

Manfaat air nabeez yang selanjutnya adalah untuk membantu meningkatkan energi. Buah kurma memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Hal ini menjadikan air nabeez sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah, baik setelah berolahraga atau untuk orang-orang yang berpuasa seperti saat ini. Air nabeez dapat Anda konsumsi di waktu berbuka atau pun sahur.

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat air nabeez yang lainnya yaitu untuk membantu mengontrol gula darah. Meski memiliki rasa yang manis, Anda tidak perlu khawatir. Karena kurma tidak menyebabkan peningkatan gula darah, dan justru dapat menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil karena indeks glikemiknya yang rendah. Oleh karena itu, jika Anda ingin membatasi asupan gula Anda, konsumsi air nabeez bisa menjadi alternatif yang cocok. Yang perlu diperhatikan adalah, hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya pada air nabeez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.