Sukses

Amalkan Doa Malam Lailatul Qadar Ini untuk Keberkahan

Berikut ini doa malam Lailatul Qadar yang dapat diamalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan adalah bulan istimewa yang dinanti-nantikan oleh umat Islam. Tak hanya pahala yang diberikan oleh Allah SWT dilipat gandakan, tapi juga terdapat satu malam yang nilainya lebih baik daripada seribu bulan. Malam tersebut yakni malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar menjadi momen yang sangat istimewa bagi umat Islam, di mana bisa melakukan amalan sebanyak mungkin dan nilainya lebih baik dari mengerjakan amalan baik selama seribu bulan.

Hanya saja, kedatangan malam tersebut merupakan misteri. Tak ada yang tahu kapan datangnya malam Lailatul Qadar. Ini menjadi rahasia yang hanya diketahui Allah SWT.

Mengutip laman islam.nu, Selasa (19/4/2022), ada kalangan yang berpendapat Lailatul Qadar jatuh pada tanggal 27 Ramadhan, tanggalnya berpindah-pindah pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan, dan ada juga yang berpendapat terjadi di salah satu tanggal dari bulan Ramadhan.

Meski kedatangan malam Lailatul Qadar tidaklah bisa dipastikan, umat Islam dianjurkan untuk melakukan ibadah sebanyak-banyaknya dan tetap konsisten untuk melakukan ibadah di bulan Ramadhan.

Tidak hanya melakukan ibadah saja, di malam Lailatul Qadar juga dianjurkan untuk membaca doa Lailatul Qadar. Seperti dikutip dari islam.nu, Aisyah ra pernah bertanya pada Rasulullah saw:

“ Wahai Rasul, andaikan aku bertemu Lailatul Qadar, doa apa yang bagus dibaca?”

Rasulullah saw pun menjawab:

 اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa’fu anni.

Artinya,

“ Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Pemaaf. Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku.”

Selain bacaan doa tersebut, ada lagi bacaan doa malam Lailatul Qadar lainnya yang bisa diamalkan pada malam Lailatul Qadar. Berikut adalah bacaannya seperti dikutip dari m.oase.id:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لنَا فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ وَ بَلِّغْنَا لَيْلَةَ الْقَدْرِ وَعِبَدَةً فِيْهَا

Allahumma Bariklana fi Syahri Romadhana wa Ballighna Lailatal Qadr wa 'Ibadatan Fiha.

Artinya,

“ Ya Allah, berkahilah kami di bulan Ramadhan ini dan pertemukanlah kami dengan Lailatul Qadr dan beribadah di malamnya.”

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keistimewaan malam Lailatul Qadar

Berikut adalah beberapa keistimewaan malam Lailatul Qadar:

1. Malam yang Istimewa

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa. Di mana ada banyak kebaikan yang bisa didapatkan pada malam ini. Oleh karena itulah, umat Islam dianjurkan untuk menjalankan ibadah dan melakukan kebaikan. Seperti halnya sholat di malam Lailatul Qadar dan juga memanjatkan doa Lailatul Qadar.

Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini:

“Barangsiapa yang menghidupkan Lailatul Qadar dengan sholat malam atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Turunnnya Malaikat ke Bumi

Keistimewaan lainnya di malam Lailatul Qadar adalah turunnya malaikat ke bumi. Hal ini seperti dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Qodr ayat 4 yang bunyinya sebagai berikut:

تَنَزَّلُالْمَلٰۤىِٕكَةُوَالرُّوْحُفِيْهَابِاِذْنِرَبِّهِمْۚمِنْكُلِّاَمْرٍۛ

Artinya,

“ Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.” (QS. Al-Qadr: 4).

3. Mendapat Keselamatan dan Kesejahteraan

Melakukan amalan baik dan juga menjalankan ibadah secara konsisten di malam Lailatul Qadar, hal ini mendatangkan kebaikan untuk orang-orang yang melakukannya. Di mana orang tersebut akan mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan dari Allah SWT.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT melalui surat Al-Qadr ayat 5 yang bunyinya sebagai berikut:

سَلٰمٌۛهِيَحَتّٰىمَطْلَعِالْفَجْرِࣖ

Artinya,

“Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 5).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.