Sambil Ngabuburit, Coba Kenali Ciri-Ciri Bendik Starter Rusak

Oleh Liputan6.com pada 18 Apr 2022, 16:30 WIB
Diperbarui 18 Apr 2022, 16:30 WIB
Mobil sulit distarter saat momen lebaran? Berikut tipsnya!
Perbesar
Mobil sulit distarter saat momen lebaran? Berikut tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta - Beragam kegiatan positif bisa dilakukan sambil ngabuburit selama bulan Ramadan. Misalkan saja mengecek kondisi bendik starter mobil.

Bendik starter menjadi salah satu komponen yang patut dicurigai saat kendaraan sulit dihidupkan. Biasanya, ketika bendik starter mengalami kerusakan akan menunjukkan beberapa ciri-ciri.

Dikutip dari laman resmi Daihatsu Indonesia, berikut ciri-ciri bendik starter ketika mengalami kerusakan:

Mengeluarkan Bunyi

Ciri awal yang dapat Otolovers rasakan saat Bendik mengalami kerusakan adalah munculnya bunyi cetak-cetak. Kondisi ini terjadi saat Otolovers berusaha menyalakan engine dengan menekan bendik starter berulang kali.

Bunyi ini menandakan jika listrik dari bendik starter terputus, sehingga menyebabkan engine tidak menyala dengan normal.

Suara ini biasanya terdengar sesekali, namun jika terdengar berulang kali berarti bendik benar-benar mengalami kerusakan. Untuk mengatasi kerusakan ini, sebaiknya membawa kendaraan menuju bengkel terdekat. 

Kinerja Aki Menurun

Aki kendaraan yang melemah juga menjadi salah satu faktor bendik rusak. Kondisi ini sering terjadi ketika cairan aki habis.

Hal ini dapat dideteksi menggunakan cara memeriksa kestabilan komponen kelistrikan lainnya, seperti dari klakson atau lampu indikator. 

Kabel Penghubung Bendik dengan Aki Terputus

Agar dapat bekerja secara maksimal, bendik memerlukan bantuan dari kabel yang digunakan sebagai penghubung antara bendik dengan aki yang bertujuan menghidupkan kendaraan.

Tidak hanya menuju aki, terdapat juga kabel yang menuju dinamo starter. Ketika salah satu kabel tersebut terputus, maka akan berakibat engine kendaraan tidak bisa dihidupkan normal. 

Kejadian ini disebabkan karena arus listrik dari bendik starter tidak dapat dialirkan dengan sempurna melalui kabel menuju aki maupun dinamo starter. Usahakan memeriksa kendaraan secara rutin untuk menghindari kejadian tersebut. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Menghubungkan Tangkai Obeng di Kedua Terminal

Untuk melihat ciri bendik starter rusak dengan melakukan menghubungkan tangkai obeng di antara kedua terminal.

Pengecekan ini dapat dilakukan meskipun kondisi komponen baik baik saja, namun bendik starter tetap tidak mau menyala. Dengan metode ini dapat membuat Otolovers mengetahui keadaan sebenarnya.

Demikian, ciri-ciri bendik starter motor rusak yang dapat Otolovers pahami. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers di rumah. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

Motogp
Perbesar
Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya