Cuma Lima Menit, Biasakan Cek Lagi Kondisi Kendaraan Sebelum Memulai Perjalanan

Oleh Liputan6.com pada 15 Apr 2022, 16:30 WIB
Diperbarui 15 Apr 2022, 16:30 WIB
Perawatan Mobil di Masa Pandemi Lebih Mudah (Ist)
Perbesar
Perawatan Mobil di Masa Pandemi Lebih Mudah (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Membiasakan diri memeriksa kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan banyak manfaatnya loh. Dan jangan jadikan sedang berpuasa untuk malas melakukan pengecekan.

Meskipun mobil Anda kerap melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi, dengan melakukan pemeriksaan sebelum beraktivitas, tentunya dapat memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Sejatinya, untuk melakukan pengecekan tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Pemilik mobil hanya perlu meluangkan waktu sekitar 5 menit untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen penting di mobil.

Adapun beberapa komponen yang tidak boleh luput dari pemeriksaan mobil sebelum perjalanan meliputi pelumas, air, kelistrikan dan sistem penerangan.

Berikut bagian yang harus diperhatikan dalam perawatan mobil agar perjalanan lebih nyaman dan aman:

1. Oli Mesin

Pengukuran terhadap pelumas mesin ini sangat penting. Perhatikan ketinggian oli melalui batang serta lihat juga kondisi oli tersebut, sudah mengencer atau masih dalam kondisi yang baik.

Jika kondisi oli berkurang, lakukan penambahan oli agar performa mesin tetap terjaga dan tidak terjadi overheat pada bagian tersebut.

2. Air dan Minyak

Pemilik mobil kerap lupa untuk mengecek bagian seperti minyak rem, minyak power steering, air radiator dan air wiper. Padahal, komponen tersebut memiliki fungsi yang vital dalam berkendara.

Perhatikan volume masing-masing komponen tersebut dan usahan berada pada batas maksimal yang dianjurkan oleh pembuat mobil.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Aki Mobil

Tidak hanya pelumas serta air yang harus diperiksa, tetapi untuk sistem kelistrikan yang bersumber dari accu, juga harus diperhatikan sebelum perjalanan.

Jika terlewat memeriksakan kondisi accu, bukan tidak mungkin mobil tidak bisa distarter lantaran arus pada komponen tersebut sudah melemah.

4. Lampu

Selagi memeriksa kondisi mobil, tidak hanya berkutat pada bagian mesin saja. Namun, dari sisi eksterior juga butuh perhatian sebelum melakukan perjalanan.

Salah satunya adalah bagian penerangan, yakni lampu-lampu yang ada di depan dan belakang mobil.

Pastikan semua lampu tersebut menyala dan berfungsi dengan baik. Terlebih saat perjalanan harus melintasi malam hari, ini akan begitu penting untuk terlihat oleh kendaraan lain.

infografis Makanan dan Minuman Manis yang Tepat untuk Berbuka Puasa
Perbesar
Makanan dan Minuman Manis yang Tepat untuk Berbuka Puasa (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya