Sukses

Menko Muhadjir: Ada Sekitar 8-9 Juta Orang Akan Mudik Melalui Transportasi Udara

Puncak arus mudik Lebaran dengan pesawat udara diprediksi terjadi pada 30 April 2022, sedangkan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 8 Mei 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Kamis 7 April 2022, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Di sela inspeksinya, Menko PMK Muhadjir bersama Menhub Budi memimpin rapat koordinasi kesiapan Angkutan Lebaran dengan para pemangku kepentingan di sektor transportasi udara.

Menurut Muhadjir, Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan menjadi titik sentral mudik, sehingga perlu disiapkan dengan baik. Mulai dari prosedur prokes, penyediaan armada dan kelaikannya, serta penyiapan gerai atau layanan vaksinasi.

"Ada sekitar 8-9 juta orang yang akan mudik melalui transportasi udara. Untuk itu, kami berupaya untuk jauh-jauh hari menyiapkannya termasuk di Bandara Soekarno Hatta ini," kata Muhadjir, melansir Antara, Minggu (10/4/2022).

Muhadjir menambahkan, aspek keselamatan menjadi perhatian utama yang harus disiapkan dengan sunguh-sungguh saat mudik Lebaran 2022 tersebut.

"Semoga tidak ada kejadian yang tidak diharapkan selama pelaksanaan mudik baik keberangkatan maupun baliknya," jelas Muhadjir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Perubahan Jam Operasional Bandara

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menhub Budi mengungkapkan, faktor keselamatan dan kesehatan menjadi dua hal penting yang harus dikawal dengan baik oleh seluruh pemangku kepentingan di sektor transportasi udara.

Budi mengatakan, puncak arus mudik Lebaran dengan pesawat udara akan terjadi pada 30 April 2022, sedangkan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 8 Mei 2022.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, kata Menhub Budi, akan dilakukan penambahan jam operasional bandara hingga 24 jam.

"Kita tahu bahwa jumlah pesawat itu relatif menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Oleh karenanya, kita kompensasi dengan jumlah masa operasi bandara lebih panjang, bahkan ada yang 24 jam seperti pak Dirjen Perhubungan Udara sampaikan, sehingga pesawat itu rotasinya lebih banyak," kata Menhub Budi.

 

3 dari 4 halaman

335 Armada Siap Terbang

Saat ini terdapat 335 armada berbagai tipe dari 11 maskapai penerbangan berjadwal baik pesawat wide body dan narrow body yang siap melayani pergerakan masyarakat selama periode angkutan Lebaran tahun 2022.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Sekretaris Kemenko PMK Y.B. Satya Sananugraha, Dirut PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Dirut Airnav Indonesia Polana B. Pramesti, dan sejumlah pejabat terkait.

Sebelumnya, Pemerintah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah pada 2 dan 3 Mei 2022. Sementara itu, cuti bersama Idul Fitri jatuh pada tanggal 29 April serta 4 sampai 6 Mei 2022.

"Pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2002 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri yaitu pada 29 April 4, 5, dan 6 Mei 2022," kata Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 6 April 2022.

 

4 dari 4 halaman

Jangan Lupa Booster

Dia mengatakan cuti bersama ini dapat digunakan masyarakat untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan keluarga di kampung halaman.

Namun, Jokowi mengingatkan agar masyarakat segera mendapatkan vaksin booster atau penguat sebelum mudik.

"Keputusan mengenai cuti bersama ini akan diatur oleh lebih rinci melalui keputusan bersama menteri menteri terkait," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.