Sukses

Sidang Isbat Tentukan Ramadhan 2022 Digelar Secara Hybrid Jumat Hari Ini

Sidang Isbat untuk menetukan Ramadhan 2022/1443 H sebagian akan berlangsung hybrid. Hal itu dikatakan Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin lewat keterangan persnya.

Liputan6.com, Jakarta Sidang Isbat untuk menetukan Ramadhan 2022/1443 H sebagian akan berlangsung hybrid. Hal itu dikatakan Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin lewat keterangan persnya.

"Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Amin.

Penyelenggaraan sidang isbat secara luring (luar jaringan) akan dilakukan di Auditorium HM Rasjidi Kemenag. Jumlah pesertanya pun bakal dibatasi mengingat suasana pandemi Covid-19.

Di saat yang sama, peserta sidang lainnya akan ikut lewat telekonferensi. Kendati demikian, Amin mengatakan, ketentuan sidang isbat tahun ini terbilang lebih longgar daripada sebelumnya.

"Meski lebih longgar dari ketentuan tahun sebelumnya, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan dengan jaga jarak dan masker yang terus terpakai selama jalannya acara," kata Amin.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Libatkan Sejumlah Pihak

Sidang isbat tahun ini dilakukan dengan melibatkan sejumlah pihak. Selain Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, ada juga duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam yang ambil bagian.

Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

"Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib dalam keterangan yang sama.

3 dari 3 halaman

Dibagi Tiga Tahap

Lebih lanjut, sidang isbat akan dibagi ke dalam tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan ini dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

"Sesi ini terbuka dan akan disiarkan melalui live streaming," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam yang di dalamnya terdapat perintah menunaikan ibadah puasa.

    Ramadhan 2022

  • Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).
    Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).

    Ramadhan

  • Sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.
    Sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.

    Sidang Isbat

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • ramadhan 1443 H