Sukses

Lebaran Telah Usai, Jangan Lupa untuk Bersihkan Kabin Mobil

Lebaran 2021 merupakan momen indah yang dimanfaatkan masyarakat untuk bersilaturahmi. Tak heran jika banyak yang menggunakan kendaraan pribadi untuk bertemu dengan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran 2021 merupakan momen indah yang dimanfaatkan masyarakat untuk bersilaturahmi. Tak heran jika banyak yang menggunakan kendaraan pribadi untuk bertemu dengan keluarga.

Namun tak sedikit pula yang menikmati Lebaran dengan di rumah saja mengingat pandemi Corona Covid-19 belum berakhir.

Nah, bagi yang berlebaran di rumah saja maupun ke luar, sebaiknya tetap menjaga kebersihan kabin mobil agar kendaraan selalu nyaman ketika digunakan.

Berikut langkah-langkah membersihkan kabin mobil seperti dilansir Auto2000:

1. Cuci Mobil Hingga Bersih

Karena sibuk setiap hari, sangat mungkin mobil jarang dibersihkan. Sekarang saat yang tepat untuk mencuci mobil, baik eksterior termasuk kolong mobil, ruang mesin, kabin, hingga bagasi.

Kabin menjadi salah satu prioritas mengingat di situlah Anda menetap hampir setiap hari. Keluarkan seluruh karpet, cuci dengan sabun pembersih dan keringkan hingga sempurna agar tidak meninggalkan bau tidak sedap.

2. Manfaatkan Penyedot Debu

Masuk ke dalam kabin mobil, gunakan alat penyedot debu alias vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran halus yang menempel di dalam kabin. Mulai dari area dashboard, panel pintu, jok, hingga kolong jok dan lantai jangan sampai terlewatkan.

Lanjut masuk ke bagasi mobil, termasuk rongga penyimpanan ban cadangan yang ada di bawah bagasi. Waspada celah antar panel sebagai lokasi bersembunyinya debu dan kotoran.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bersihkan dengan Cairan Pembersih

Masuk ke langkah yang lebih spesifik yakni membersihkan panel pada kabin mobil menggunakan cairan pembersih khusus otomotif. Secara garis besar, material interior mobil berasal dari fabric, plastik, vinyl, kulit asli dan sintetis, kayu, serta logam.

Sesuaikan bahan pembersih yang dipakai dengan material kabin dan pelajari cara memakainya supaya tidak merusak panel interior.

4. Periksa Filter Kabin

Keberadaan filter yang berfungsi sebagai penyaring kotoran tersebut kerap terabaikan. Padahal filter kabin memiliki peran yang begitu penting yakni menyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC mobil dimana umumnya filter kabin berada di balik laci dashboard.

Jangan disemprot angin bertekanan, filter kabin yang kotor harus diganti karena memegang peran penting dalam menjaga kebersihan udara di dalam mobil sehingga wajib menggantinya dengan yang asli dan bergaransi.

5. Semprotkan Cabin Disinfectant

Langkah terakhir adalah menyemprotkan cabin disinfectant ke dalam kabin mobil untuk membunuh bakteri di udara.

3 dari 3 halaman

Infografis Ramai-Ramai Tangguhkan Vaksin AstraZeneca, Ada Apa?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.