Quraish Shihab: Kritiklah Pendapat, Tapi Hormati yang Berpendapat

Oleh Maria Flora pada 10 Mei 2021, 17:30 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 17:30 WIB
Cendekiawan Muslim Quraish Shihab
Perbesar
Mutiara Hati Quraish Shihab: Jangan Paksakan

Liputan6.com, Jakarta Jangan memaksakan perolehan keuntungan materi dari interaksi Anda. Karena meraih simpati bisa lebih berharga dari keuntungan materi. Hal ini diungkap Pendiri Pusat Studi Al-Qur'an Quraish Shihab dalam tausiyahnya di Mutiara Hati SCTV.

Quraish Shihab juga mengungkap, untuk tidak meruntuhkan jembatan yang telah dibangun, karena suatu saat nanti akan dibutuhkan kembali. 

Dia pun juga mengingatkan untuk menjadi manusia yang membenci kesalahan, bukan pelaku yang salah. "Karena kesalahan lebih besar bisa kita lakukan," tutur cendekiawan muslim ini. 

Lanjut Quraish Shihab, "Bencilah penyakit, bukan yang sakit. Karena penyebab sakitnya adalah penyakit yang dapat menimpa kita."

Dalam renungan terakhirnya dia pun mengatakan, "Kritiklah pendapat, tapi hormati yang berpendapat. Karena ia pun tengah berusaha menemukan kebenaran, sebagaimana Anda berusaha."

Tonton video Quraish Shihab dalam Mutiara Hati SCTV berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya