Sukses

Bacaan Doa Khatam Alquran dan Keutamaannya agar Diberi Syafaat di Hari Kiamat

Bacaan doa khatam Al-Qur’an ini ditujukan untuk memohon rahmat, keridaan, dan syafaat di hari kiamat.

Liputan6.com, Jakarta Tadarus Al-Qur'an pada Bulan Ramadhan merupakan ibadah yang sudah dilaksanakan sejak masa khalifah Umar bin Khattab. Membaca Alquran menjadi jalan penambah pahala bagi Umat Muslim.

Usai khatam Al-Qur’an ada doa yang bisa diamalkan, yang dipanjatkan setelah 30 juz kitab suci Al-Qur’an selesai dibaca. Bacaan doa khatam Al-Qur’an ini ditujukan untuk memohon rahmat, keridaan, dan syafaat di hari kiamat.

Rasulullah SAW memberi anjuran kepada sahabatnya, Abdullah bin Amru bin Ash dalam hadis riwayat Tirmidzi. Dijelaskan mengkhatamkan Al-Qur’an yang terdiri dari 30 juz itu baiknya diselesaikan dalam 30 hari. Bila mampu mengkhatamkan dalam lima hari seperti Abdullah, Rasulullah SAW tidak mengizinkan.

Anjuran waktu mengkhatamkan Al-Qur’an dan memanjatkan bacaan doa khatam Al-Qur’an ini bukan patokan yang harus dilaksanakan, tetapi dianjurkan. Seperti halnya menyelesaikan dalam 30 hari, sesungguhnya lebih dari waktu itu tetap sah.

Berikut Liputan6.com ulas bacaan doa khatam Al-Qur’an dan keutamaannya dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Khatam Al-Qur’an

Bacaan Doa Khatam Al-Qur’an Memohon Rahmat

Allhummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya:

"Ya Allah rahmatilah kami dengan al Qur’an. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam."

Bacaan Doa Khatam Al-Qur’an Memohon Keridaan

Allahumma inna 'abiduka banu 'abidika banu imaika nawashina biyadika madhin fina hukmuka 'adlun fina qodhouka nasaluka bi kullismin huwa laka sammaita bihi nafsaka aw anzaltahu fi kitabika aw 'allamtahu ahadan min kholqika awista'tsarta bihi fi 'ilmil ghaibi 'indaka an tak'alal qurana robi'a qolbi wa nuro shudurona wa jala a ahzanina wa dzahaba ghumuminaa wa saiqina wa qo-idina ilaika wa ila jannatika jannatin na'im wa darika daris salam ma'al ladzina an'amta 'alaihim minan nabiyyina was shiddiqqina wasy syuhadaai was shalihina birahmatika ya arhamar rahimina.

Artinya:

"Ya Allah ya Tuhan kami, kami semua hamba-Mu putra hamba-Mu laki laki dan hamba-Mu perempuan. Ya Allah kami memohon kepada-Mu, bertawasul dengan semua nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau gunakan untuk menyebut diri-Mu atau Engkau turunkan dalam kitab-Mu. Engkau ajarkan kepada seorang dari hamba-Mu atau Engkau simpan dalam ilmu ghaib-Mu, jadikanlah Alquran sebagai taman hati kami, cahaya dada kami, pengusir kesusahan dan kegundahan kami, penuntun kami pada-Mu dan pada surga-Mu, surga kenikmatan, pada rumah-Mu rumah keselamatan, beserta orang-orang yang Engkau berikan nikmat dari kalangan para nabi, orang-orang jujur, para syuhada, para orang shaleh dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Maha Pengasih."

Bacaan Doa Khatam Al-Qur’an Memohon Syafaat

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

"Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur’an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur’an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur’an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Qur’an."

3 dari 4 halaman

Keutamaan Khatam Al-Qur’an

Diangkat Derajatnya oleh Allah SWT

Dari Umar bin Khatab ra. Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)

Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Tirmidzi)

Malaikat Memohonkan Ampun

Keutamaan mengkhatamkan Al-Qur’an ialah para malaikat akan memohonkan ampun untuknya. Setiap muslim yang senantiasa membaca kitab suci ini hingga mengkhatamkan nya, maka 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya. Hal ini sebagaimana dalam salah satu hadits berikut ini, artinya:

"Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur’an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya." (HR. ad-Dailami).

Seseorang yang membaca 100 ayat Al-Qur’an dalam satu malam, akan dicatat kebaikannya di malam itu. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya:

"Siapa saja yang membaca Al-Qur’an seratus ayat dalam satu malam, maka akan dicatat untuknya ketaatan satu malam itu." (HR. Ahmad)

Amalan Paling Dicintai Allah SWT

Salah satu amalan yang paling dicintai Allah adalah membaca kitab suci Al-Qur’an dan mengkhatamkannya. Hal ini sebagaimana dalam salah satu hadits berikut ini.

Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW "Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal."  Orang ini bertanya lagi, "Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, "Yaitu yang membaca Al-Quran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal." (HR. Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Keutamaan Khatam Al-Qur’an

Diberikan Syafaat di Hari Kiamat

Keutamaan mengkhatamkan Al-Qur’an berikutnya ialah diberikan syafaat pada hari kiamat. Seseorang yang selalu menyibukkan diri membaca ayat-ayat suci Al-Quran maka di hari kiamat akan diberi syafaat. Hal ini termaktub dalam salah satu hadits berikut, Rasulullah bersabda:

"Bacalah Al-Qur’an. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya." (HR. Ahmad)

Sesungguhnya seseorang yang senantiasa membaca Al-Qur’an dan tidak sempat membaca zikir yang lain akan diberi balasan terbaik melebihi balasan mereka yang meminta. Sebagaimana riwayat Abu Sa’id dari Rasulullah SAW bahwa Allah SWT berfirman:

"Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Al-Qur’an, hingga tak sempat dzikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-Qur’an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya." (HR. Al-Baihaqi)

Diberikan Ketenangan

Seseorang yang mengkhatamkan kitab suci Al-Quran akan selalu diberikan ketenangan dalam situasi apapun. Selain itu, para malaikat juga akan melingkari dan memohonkan ampun untuknya. Sebagaimana dalam salah satu hadits Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya." (HR. Muslim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.