Sukses

Sidang Isbat Awal Ramadhan Digelar Senin Sore 12 April 2021

Karena masih pandemi Covid-19, sidang Isbat awal Ramadhan dilakukan secara daring, dan juga secara langsung.

Liputan6.com, Jakarta Sidang Isbat akan digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada Senin sore, 12 April 2021. Sidang isbat ini digelar untuk menentukan awal Ramadhan 1442 H.

"InsyaAllah, sidang Isbat awal Ramadhan digelar 12 April 2021," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam siaran persnya, Kamis 1 April 2021.

Karena masih pandemi Covid-19, dia menuturkan sidang Isbat dalam menentukan awal Ramadhan kali ini sebagian dilakukan secara daring, sebagian lagi secara langsung.

"Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring (luar jaringan) dengan menerapkan protokol kesehatan," ungkap Kamaruddin.

Dia juga menuturkan, dalam melihat hilal untuk menentukan awal Ramadhan, dilakukan Rukyatul Hilal di 86 titik di seluruh Indonesia.

"Di Jakarta, Rukyatul Hilal antara lain akan dilaksanakan di gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, Masjid KH Hasyim Asy'ari, dan Masjid Al Musyari'in Basmol," kata Kamaruddin.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan Stakeholders

Menurut dia, sidang Isbat akan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kemenang juga melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, Dubes negara sahabat, perwakilan ormas, LAPAN, BMKG, dan undangan lainnya.

"Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII untuk hadir dalam sidang," jelas Kamaruddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.