Sukses

Manfaat Membaca Surah Al Falaq Setelah Mengerjakan Salat

Selain bermanfaat menjaga diri kita dari gangguan din dan setan, surah Al Falaq mengandung doa-doa.

Liputan6.com, Jakarta Surah Al Falaq merupakan surah ke-113 dalam kitab suci Alquran. Surah yang memiliki arti ‘waktu subuh’ ini tergolong dalam surah Makkiyah, atau surah yang diturunkan di kota Mekkah.

Surah Al Falaq terdiri dari lima ayat pendek yang bila dibaca memiliki banyak manfaat. Di antara manfaatnya dapat melindungi diri dari gangguan setan dan jin yang terus mengganggu umat manusia.

Selain bermanfaat menjaga diri kita dari gangguan din dan setan, surah Al Falaq mengandung doa-doa. Untuk itu, Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam membaca surah ini setelah mengerjakan salat.

Berikut isi surah Al Falaq yang dapat dibaca sebagai doa yang dibaca kapan saja, khususnya setelah mengerjakan salat.

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ, مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ, وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ, وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ, وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

1. Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), 2. dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, 3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, 4. dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), 5. dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Selain itu, surah Al Falaq dapat berfungsi sebagai penangkal sihir dan guna-guna. Yaitu dengan cara membaca Al Falaq bersamaan dengan surah An Nas.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.