Sukses

Anjuran Membaca Doa Nabi Yunus Saat Tertimpa Musibah

Doa yang diucapkan Nabi Yunus dalam ayat Alquran tersebut kemudian dianjurkan oleh Rasulullah SAW dibaca kala mendapat musibah.

Liputan6.com, Jakarta Kisah perjalanan Nabi Yunus AS saat ditelan seekor ikan besar mengandung pelajaran berharga bagi umat Islam. Salah satu hikmah yang dapat kita ambil manfaatnya adalah doa dia yang mujarab.

Dikisahkan, Nabi Yunus AS berada dalam perut binatang laut itu selama 40 hari. Berkat kuasa dan kehendak Allah SWT, dirinya tetap bisa hidup dan keluar darinya dalam keadaan hidup.

Alkisah, Nabi Yunus meninggalkan umatnya yang bebal. Mereka terus berpaling darinya dan menyekutukan Allah SWT.

Sikap acuh tersebut mendapat teguran langsung dari Allah, yang termaktub dalam firman-Nya dalam surah Al Anbiya ayat 87.

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَۚ

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan sangat gelap: ‘Bahwa tak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

Doa yang diucapkan Nabi Yunus dalam ayat Alquran tersebut kemudian dianjurkan oleh Rasulullah SAW dibaca oleh kaum muslimin kala mendapat musibah.

Rasulullah SAW bersabda, "Asma Allah yang apabila disebutkan dalam doa, pasti Dia memperkenankannya; dan apabila diminta dengannya, pasti memberi, yaitu doa Yunus ibnu Mata."

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Nabi Yunus Kala Ditimpa Musibah

Berikut potongan ayat ke 87 surah Al Anbiya yang merupakan doa Nabi Yunus yang bisa kita baca kala mendapat musibah.

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَۚ

Cara membacanya:

Laa ilaaha illa Anta, subhanaka innii kuntu minaz zalimim

Artinya:

"Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim". (QS. Al Anbiya: 87)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.