Sukses

Keutamaan Membaca Selawat Ibrahimiyah, Selawat yang Dibaca Setiap Salat

Selawat Ibrahimiyah adalah selawat yang paling sempurna shighatnya dibanding selawat lain, baik selawat yang diriwayatkan oleh Nabi maupun yang tidak.

Liputan6.com, Jakarta Selawat adalah bentuk cinta kasih umat Islam kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Allah SWT sendiri telah memerintahkan berselawat, seperti firman-Nya dalam Alquran surah Al Ahzab ayat 56.

Salah satu bacaan selawat yang paling terkenal bagi umat Islam adalah selawat Ibrahimiyah. Selawat ini diucapkan pada setiap salat, yaitu pada saat duduk tasyahud.

Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani menyebut bahwa selawat Ibrahimiyah adalah selawat yang paling sempurna shighatnya dibanding selawat lain, baik selawat yang diriwayatkan oleh Nabi maupun yang tidak.

Selawat Ibrahimiyah punya posisi tersendiri dalam penilaian ulama. Salah satu ulama bahkan mengatakan bahwa membaca selawat ini sebanyak seribu kali maka akan mendapat anugerah melihat Nabi Muhammad SAW.

Seseorang yang membaca dan mengamalkan selawat Ibrahimiyah secara ikhlas setiap hari maka akan mendapatkan keutamaan. Berikut rangkuman manfaat membaca selawat Ibrahimiyah.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Selawat Ibrahimiyah

Mendapat Derajat Tinggi

Bila seorang muslim membaca selawat Ibrahimiyah maka orang tersebut akan diangkat derajatnya sepuluh kali dan akan dihapus keburukannya oleh Allah.

Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat." (HR. An-Nasa’I)

Mendapat syafaat dari Rasulullah

Disebutkan dalam sebuah hadis bahwa seorang muslim yang konsisten mengamalkan selawat Ibrahimiyah maka akan mendapat syafaat dari Rasul.

Imam Ahmad As-Shawi menyebutkan dalam suatu hadits, Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang membaca shalawat ini (ibrahimiyah) maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya."

Mendapat Keutamaan dari Nabi

Nabi Muhammad SAW akan mengutamakan di hari kiamat kelak bagi umat Islam yang senantiasa berselawat kepadanya.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca Selawat kepadaku."

 

3 dari 3 halaman

Bacaan Selawat Ibrahimiyah

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Cara membacanya:

"Allohumma solli 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa sollaita 'alaa aali ibroohim, wa baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa baarokta 'alaa aali ibroohim, fil 'aalamiina innaka hamiidummajiid."

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.