Bacaan Selawat Ibrahimiyah Beserta Arti dan Cara Membacanya

Oleh Erik Erfinanto pada 05 Apr 2021, 23:30 WIB
Diperbarui 05 Apr 2021, 23:45 WIB
Hukum Puasa Rajab
Perbesar
Ilustrasi Kitab Suci Al Qur’an Credit: unsplash.com/Laily

Liputan6.com, Jakarta Dalam Alquran surah Al Ahzab ayat 56, Allah SWT memerintahkan kepada segenap orang yang beriman agar mengucapkan selawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Selawat kepada Nabi Muhammad itu merupakan bentuk cinta umat Islam kepada junjungannya yang telah membawa cahaya Islam ke muka bumi ini.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Berselawat lah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Salah satu bacaan selawat yang paling terkenal bagi umat Islam adalah selawat Ibrahimiyah. Selawat ini diucapkan pada setiap shalat. Tepatnya pada saat duduk tasyahud.

Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani menyebut bahwa selawat Ibrahimiyah adalah selawat yang paling sempurna shighatnya dibanding selawat lain, baik selawat yang diriwayatkan oleh Nabi maupun yang tidak.

Saking pentingnya selawat Ibrahimiyah ini, bahkan ada ulama yang mengatakan bahwa bila membaca selawat ini sebanyak seribu kali maka akan mendapat anugerah melihat Nabi Muhammad SAW.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini


Bacaan Selawat Ibrahimiyah

alquran
Perbesar
Ilustrasi Al Qur’an Credit: freepik.com

Berikut bacaan selawat Ibrahimiyah lengkap dengan cara membacanya beserta arti: 

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Cara membacanya:

"Allohumma solli 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa sollaita 'alaa aali ibroohim, wa baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa baarokta 'alaa aali ibroohim, fil 'aalamiina innaka hamiidummajiid."

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya