Sukses

Manfaat Membaca Surah Al Baqarah, Akan Mendapat Sayap di Akhirat

Surah Al Baqarah mempunyai banyak keutamaan, di antaranya seperti yang disebut oleh Nabi Muhammad, akan melindungi kita di hari kiamat nanti.

Liputan6.com, Jakarta Surah Al Baqarah merupakan surah kedua dalam kitab suci Alquran. Surah yang artinya sapi betina ini mempunyai dari 286 ayat.

Surah Al Baqarah yang memilik 6.221 kata, dan 25.500 huruf dan tergolong surah Madaniyah, surah Alquran yang diturunkan di Madinah.

Pada ayat ke-67 hingga 74, Allah SWT berfirman tentang perintah kepada Bani Israil untuk menyembelih sapi betina. Itu lah muasal dari penamaan surah dengan jumlah ayat terbanyak dalam Alquran ini.

Surah Al Baqarah setidaknya mempunyai dua nama lain, yaitu Fustatul Quran (Puncak Alquran) dan surah Alif Lam Min.

Disebut Fustatul Quran karena surah ini memuat sejumlah hukum-hukum penting dalam Islam yang tidak termuat dalam surah lain. Hukum-hukum ini kemudian menjadi landasan menyimpulkan sebuah hukum.

Kemudian, disebut sebagai surah Alif Lam Lim, karena surah Al Baqarah diawali dengan tiga huruf tersebut Arab tersebut, yaitu huruf Alif, Lam dan Mim.

Surah Al Baqarah mempunyai banyak keutamaan, di antaranya seperti yang disebut oleh Nabi Muhammad, akan melindungi kita di hari kiamat nanti.

Dalam riwayat Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda:

اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ: الْبَقَرَةَ وَآلَ عِمْرَانَ؛ فَإِنَّهُمَا يَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ يُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ؛ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَاحَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

“Bacalah ‘dua tangkai bunga indah’, yakni surat al-Baqarah dan Ali ‘Imran. Sebab, keduanya akan datang pada hari Kiamat laksana penaung, atau seperti awan pelindung, atau seperti kelompok burung yang membeberkan sayap-sayapnya dan membela pembaca keduanya. Maka bacalah surat al-Baqarah, sebab di dalamnya terdapat keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya.”

Lebih dari itu, disebutkan dalam kitab Tafisr Ats Tsa’labi menyebutkan bahwa membaca surah Al Baqarah dan Ali Imran pada malam Jumat, kelak di hari kiamat ia akan mendapat dua sayap yang membawanya terbang melintasi sirath, atau jembatan.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.