Sukses

Mana yang Didahulukan, Puasa Daud, Syawal atau Bayar Utang Puasa Ramadan?

Sebaiknya mana yang didahulukan antara puasa Nabi Daud, puasa Syawal atau membayar utang puasa Ramadan?

Liputan6.com, Jakarta Setelah puasa Ramadan, umat muslim berlomba-lomba mencari kebaikan dan pahala lagi melalui puasa syawal. Namun, sebaiknya mana yang didahulukan antara puasa Nabi Daud, puasa Syawal atau membayar utang puasa Ramadan?

Menjawab hal tersebut, Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al-Bahjah, Buya Yahya menjelaskan siapa pun yang ingin melakukan puasa Daud dan ingin membayar puasanya, maka bisa diniatkan untuk mengqadha puasa.

"Nggak usah puasa Daud, tapi Anda bisa membuat bentuknya seperti puasa Nabi Daud. Jadi sehari mengqadha, besok tidak berpuasa. Besoknya puasa lagi, dan seterusnya. Khususnya bagi ibu-ibu yang punya utang puasa Ramadan," ujarnya, dalam laman Youtube Al-Bahjah.

Pimpinan Pondok Pesantren yang berada di Cirebon itu pun menjelaskan keistimewaan puasa Daud dan puasa sunnah lainnya.

Puasa Daud adalah puasa yang paling disukai oleh Allah. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya,

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).

Lantas, apakah bila ingin puasa Senin-Kamis bisa digabung dengan puasa Daud?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bolehkah menggabungkan puasa Daud dengan puasa Senin Kamis?

Apabila misalnya, kata Buya, ia puasa Daud hari senin, maka Selasa tidak. Rabu puasa dan Kamis tidak. Lantas, apakah harus puasa Kamis sementara hitungan puasa Daud tidak berpuasa?

"Puasa Daud dan puasa Senin Kamis sama-sama hebat. Bedanya, puasa Senin Kamis, Nabi sendiri yang melakukannya. Sedangkan puasa Daud, Nabi yang memberitakannya. Jadi masa kita menjaga puasa Daud tapi meninggalkan puasa Senin Kamis," ujarnya.

Ia pun mengingatkan, puasa sunah yang dilakukan sebaiknya tidak membuat orangtua sedih.

"Puasa Daud itu sunah. Terlepas jika Anda ingin puasa sunah, ketika ibu Anda ingin makan bareng. (Lalu bilang) Maaf mama, saya puasa Daud. Nggak begitu caranya. Ini hukumnya sunah, jangan sampai ibu sakit hati. Semua puasa sunah boleh dibatalkan demi memuliakan orangtua," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini