Sukses

3 Cara Bijak dan Aman Gunakan THR di Tengah Pandemi

Walaupun lebaran tahun ini cukup berbeda, tapi kita akan selalu bisa menemukan berbagai cara untuk merayakannya.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang membuat hati bahagia adalah ketika kita mendapat tunjangan hari raya (THR). Nah biasanya, THR ini digunakan untuk membeli kebutuhan lebaran, mulai dari beli baju baru, makanan, hingga memberikan THR ke sanak saudara. 

Tapi tahun ini lebaran dirayakan sedikit berbeda dan hal itu pasti berpengaruh juga dong sama THR yang akan kamu gunakan. Nah, daripada THRmu habis membeli sesuatu yang nggak dibutuhkan, mendingan, yuk lakukan tiga cara bijak memanfaatkan uang THRmu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kirim Hampers

Silaturahmi sebenarnya nggak melulu harus tatap muka. Saling menyapa atau bertanya kabar pun sudah termasuk bersilaturahmi. Apalagi di hari nan fitri ini, silaturahmi tetap penting dilakukan, untuk menjalin hubungan kekerabatan yang lebih baik lagi. 

Meskipun kita ada di masa karantina saat Idul Fitri, silaturahmi bisa dilakukan dengan cara sederhana namun tetap penuh makna. Jika biasanya kamu datang ke rumah saudara atau teman dekat bawa makanan, sekarang lakukan hal yang sama, tapi caranya sedikit berbeda. 

Yup, kirim hampers! Kamu bisa kirim hampers lewat ojek online. Jika hampers-mu ditujukan untuk kerabat yang tinggal jauh dari kotamu, kamu bisa kirim dengan manfaatkan Lion Parcel. Ada dua pilihan, kamu bisa drop off atau pick up, dan bayarnya gercep bisa pakai DANA. 

3 dari 4 halaman

2. Belanja Online

Meski kamu harus belanja, pastikan kamu melakukannya dari rumah ya. Selain memenuhi kebutuhan lebaran, kamu juga bisa nih cari paket hampers dari belanja online. 

Selain nggak harus ke luar rumah, kamu juga bisa lebih hemat. Itu karena biasanya banyak promo yang diberikan dari sejumlah e-commerce di Tanah Air, seperti Lazada atau Bukalapak misalnya. Bayarnya? Ya gampang aja, pakai dompet digital, DANA dong!

4 dari 4 halaman

3. Zakat

Jika dari dua hal itu, salah satunya sudah kamu lakukan, sekarang saatnya melakukan cara bijak lain memanfaatkan THRmu, yaitu berbagi ke sesama lewat zakat. Penyalurannya bisa kamu lakukan di Dompet Dhuafa lewat aplikasi DANA, dan kamu bisa memilih untuk bayar Zakat Fitrah atau Zakat Penghasilan. 

Nah, jika tiba-tiba Saldo DANA milikmu tak mencukupi untuk transaksi baik belanja ataupun bayar zakat, kamu tak perlu repot top up, manfaatkan saja fitur Mix Pay di DANA. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa menggabungkan Saldo DANA dengan metode pembayaran Kartu Bank atau OneKlik yang sudah tersimpan di DANA. Caranya sangat mudah, cukup tap Lanjutkan Mix Pay saat di halaman kasir DANA, lalu pilih metode lain untuk digabungkan pembayarannya dengan Saldo DANA. 

Walaupun lebaran tahun ini cukup berbeda, tapi kita akan selalu bisa menemukan berbagai cara untuk merayakannya. Jangan lupa tetap bijak menggunakan THRmu ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini