Sukses

Cegah dan Atasi Perut Kembung Saat Lebaran Tiba

Untuk mengatasi kembung yang muncul usai menyantap berbagai hidangan Lebaran, ada cara alami yang bisa dicoba

Liputan6.com, Jakarta Lebaran tahun ini berbeda dari sebelumnya karena pandemi COVID-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Tentu berat menanggung rindu untuk bertemu sanak keluarga di lain kota. Meski demikian, Anda tetap bisa menikmati momen kemenangan Idulfitri dengan berbagai hidangan khas Lebaran.

Hanya saja, sebaiknya tak mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan jika tak ingin mengalami masalah pencernaan seperti kembung. Jika pun sudah terlanjur kalap makan, segera stop menyantap hidangan lain agar kondisi kesehatan tak bertambah buruk.

Sementara untuk mengatasi kembung yang muncul usai menyantap berbagai hidangan Lebaran, ada cara alami yang bisa dicoba, melansir Boldsky:

1. Yogurt

Pastikan Anda mengonsumsi yogurt bersama makanan ini. Karena yogurt mengandung bakteri sehat yang membantu memerangi diare, dan sindrom iritasi usus besar. Yogurt juga membantu mendinginkan perut. Dengan mengonsumsi cabai serta rempah-rempah, Anda juga harus makan yogurt.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mentimun

2. Mentimun

Makan buah satu ini adalah keharusan, karena dapat membantu Anda dari gas, mulas, dan keasaman. Mentimun tinggi akan kandungan serat, dan air sehingga membantu pencernaan, dan menghancurkan racun dalam tubuh.

3. Green smoothie

Jika Anda sadar kesehatan, pastikan untuk memiliki green smoothie selama beberapa hari untuk menenangkan sistem pencernaan seperti kangkung dan bayam serta jus lemon dan jahe. Green smoothie ini juga memiliki kualitas nutrisi atas besi, dan vitamin A, C, dan K.

4. Sup

Sebelum makan berat, sebaiknya coba menyantap sup. Ini akan merangsang nafsu makan Anda, dan membantu pencernaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini