Sukses

Penentuan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Ditetapkan Sore Ini

Sidang Isbat untuk menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriyah atau Idul Fitri tahun 2020 Masehi akan digelar Kementerian Agama pada sore ini.

Liputan6.com, Jakarta Sidang Isbat untuk menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriyah atau Idul Fitri tahun 2020 Masehi akan digelar Kementerian Agama pada sore ini.

Dikutip Antara, sidang tersebut rencananya akan membatasi jumlah hadirin dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Menteri Agama Fachrul Razi dijadwalkan akan memimpin langsung tiga sesi sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 H oleh anggota tim Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya sebelum Maghrib.

Sementara jika hilal tidak terlihat maka bulan puasa tahun ini disempurnakan (istikmal) menjadi 30 hari atau dengan kata lain Idul Fitri jatuh pada Minggu (24/5).

Adapun titik hilal oleh tim Kemenag dilakukan di berbagai titik di Indonesia. Dalam menentukan titik munculnya hilal dibantu dengan perhitungan astronomi (hisab). Sementara untuk mengonfirmasinya, dilakukan dengan melihat wujud hilal dengan metode rukyat dipadukan alat teropong.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Muhammadiyah sudah lebih dulu tetapkan lebaran

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan awal Lebaran jatuh pada Minggu (24/5) melalui metode penghitungan atau hisab.

Melalui Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/l.O/E/2020, salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia tersebut melakukan penghitungan astronomi hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.