Sukses

Pandemi Corona, Masjid di London Timur Perdana Kumandangkan Azan Saat Ramadan

Meski azan dikumandangkan saat Ramadan di masa pandemi Corona, masjid-masjid di London Timur ini tetap memberikan arahan untuk umat Muslim agar beribadah dari rumah saja.

Liputan6.com, London - Masjid-masjid di London Timur kini mulai mengumandangkan azan secara publik pada Ramadan. Hal itu sebagai upaya membantu umat Muslim tetap terhubung dalam ibadah mereka selama lockdown akibat penyebaran Virus Corona COVID-19. 

Waltham Forest Council memberikan izin untuk masjid-masjid di London Timur mengumandangkan azan setiap hari, ketika matahari terbenam dan setiap salat Jumat pukul 13.00 siang.

Namun masjid-masjid di London Timur ini tetap memberikan arahan untuk umat Muslim agar beribadah dari rumah saja.

Mengutip abna24.com, Selasa (13/5/2020), azan pertama yang dikumandangkan lewat pengeras suara wilayah itu terjadi saat matahari terbenam pada Senin 12 Mei, sebagai pertanda waktu berbuka puasa. Diikuti oleh pesan satu baris dalam bahasa Arab yang mendorong umat Islam untuk "beribadah di rumahmu."

Dalam inisiatif ini, sudah ada sembilan masjid yang turut berpartisipasi menyiarkan suara azan di London Timur. Meski demikian, umat Muslim di sana tidak bisa datang langsung ke masjid. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terinspirasi dari London Barat

Ramadan kali ini merupakan waktu yang sulit bagi semua orang. Tak bisa beribadah tarawih berjamaah, maupun sahur atau buka puasa bersama.

Pihak Waltham Forest Council of Mosques (WFCOM) yang mewakili 70,000 umat Muslim mengatakan bahwa mereka terinspirasi dari masjid-masjid di London Barat.

Masjid-masjid di London Barat telah terlebih dahulu menyiarkan suara azan.

Masjid Al-Manaar yang sudah mendapatkan izin Royal Borough of Kensington dan Chelsea.

Masjid di London Utara dan London Muslim Centre yang terdapat di Distrik Whitechapel merupakan tempat yang pertama kalinya mengumandangkan azan dengan pengeras suara di Inggris ketika dibuka pada tahun 1985.

Azan dapat didengar dari masjid untuk panggilan salat antara pukul 07.00 pagi dan 07.00 malam. sepanjang tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini