Sukses

8 Manfaat Tidur Siang saat Puasa, Perhatikan Waktunya

Manfaat tidur siang saat puasa dapat memberikan dampak baik untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tidur siang saat puasa tidak hanya untuk menghilangkan kantuk. Tidur siang yang singkat saat puasa juga mendatangkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Normalnya kamu tidur selama 7-8 jam per hari.

Namun, saat puasa kamu hanya bisa tidur selama 5-6 jam saja karena harus bangun untuk makan sahur. Karena itulah kamu harus menyempatkan tidur siang tidak lebih dari 30 menit setiap harinya saat puasa. Jangan sampai tidur siang terlalu lama karena dapat memberikan efek buruk pada tubuh.

Manfaat tidur siang saat puasa dapat memberikan dampak baik untuk tubuh. Jika memungkinkan, ambil waktu sejenak untuk tidur siang singkat. Hal ini dapat membantu kelancaran puasa kamu setiap harinya dan membuat badan tetap bugar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/4/2020) tentang manfaat tidur siang saat puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menghilangkan Rasa Lapar dan Memperbaiki Mood

Menghilangkan Rasa Lapar

Manfaat tidur siang saat puasa yang pertama adalah menghilangkan rasa lapar. Sahur membuat waktu tidur berkurang, yang tentunya bisa membuat perut jadi keroncongan, bahkan sebelum tengah hari.

Peneliti sebuah studi yang dilakukan di Universitas Stanford, Amerika Serikat (AS), menemukan, kurang tidur memicu hormon gherkin (yang membuat kamu ingin makan lebih banyak) dan menurunkan kadar hormon leptin (yang memberi kamu sinyal saat kenyang).

Rasa lapar yang datang di siang hari adalah hal yang wajar. Ini terjadi akibat pergeseran ritme sirkadian yang membuat kamu lelah dan ingin makan. Tidur siang bisa menjadi cara untuk menahan lapar dan menekan keinginan untuk makan. Tidur terbukti membatasi grelin dan meningkatkan leptin, yaitu dua hormon metabolik yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

Memperbaiki Mood

Kurang tidur selama puasa membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. kamu menjadi lebih mudah lelah dan marah. Salah satu manfaat tidur siang saat puasa adalah utnuk memperbaiki mood.

Kalau sering uring-uringan seperti ini, luangkan waktu untuk tidur siang singkat selama 15-30 menit. Tidur siang membantu mengembalikan sistem tubuh dan hormon neuroendokrin kembali ke tingkat normal, sama seperti tingkat hormon setelah kamu tidur malam yang nyenyak.

3 dari 5 halaman

Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengurangi Stres

Saat mengantuk, kadar hormon kortisol akan naik. Hormon ini berfungsi untuk mengatur respon tubuh terhadap hal yang menegangkan, termasuk stres. Jadi, saat kadar kortisol meningkat, stres yang kamu rasakan juga semakin besar.

Banyak kerugian yang kamu dapatkan pada tubuh saat stres, salah satunya menjadi lebih mudah jatuh sakit. Tidur siang membantu tubuh untuk menurunkan kadar kortisol dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut penelitian dari Allegheny College, AS, tidur siang singkat saat puasa dapat membantu tubuh mengatasi kondisi kecemasan dan stres.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Semua organ di dalam tubuh bekerja sesuai dengan waktunya masing-masing, salah satunya jantung. Saat mengantuk, akan ada peningkatan tekanan darah yang bisa memperberat kerja jantung.

Itulah sebabnya, tidur adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi kantuk, apalagi saat puasa. Manfaat tidur siang saat puasa dapat membuat kamu menyediakan waktu bagi jantung untuk beristirahat sejenak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan kalau tidur siang singkat baik untuk jantung. Ditemukan juga gangguan tidur pada malam atau siang hari dapat memicu gangguan jantung sebesar 37 persen.

4 dari 5 halaman

Memperkuat Memori dan Meningkatkan Konsentrasi

Memperkuat Memori

Manfaat tidur siang saat puasa berikutnya adalah dapat memperkuat memori. Sebuah tim ahli neuropsikologi Jerman menemukan bahwa tidur setelah mempelajari sesuatu dapat membuat informasi ingatan lima kali lebih baik daripada jika kamu tetap terjaga sesudahnya.

Banyak literatur yang mengatakan bila istirahat tidur siang bisa membuat memori ingatan manusia lebih kuat. Durasi selama 20-30 menit sekali tidur siang bisa berdampak baik pada kemampuan kognitif dalam mengingat.

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat tidur siang saat puasa juga dapat meningkatkan konsentrasi. Aktivitas saraf yang terjadi saat tidur memperkuat kemampuan daya ingat kamu dalam jangka panjang. Kamu juga akan lebih mudah untuk memahami dan mempelajari suatu hal sekaligus mengingatnya.

Jika saraf sudah tenang setelah tidur siang singkat, maka konsentrasi juga bisa bertambah. Kamu bisa kembali beraktivitas dengan tubuh yang lebih segar serta bisa lebih fokus.

5 dari 5 halaman

Menambah Tenaga dan Meningkatkan Kesehatan Kulit

Menambah Tenaga

Puasa mengharuskan kamu menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam, atau lebih lama lagi di beberapa negara tertentu. Saat tubuh merasa lelah, maka jangan ragu untuk tidur siang sejenak.

Dengan manfaat tidur siang saat puasa, kamu dapat menjaga tenaga yang tersisa di tubuh. Memang lebih baik tidur siang singkat saja bila mungkin atau ketimbang melakukan hal lainnya yang tidak berguna.

Sistem motorik yang kamu gunakan terus selama beraktivitas akan kelelahan sehingga bekerja lebih lambat dan tidak fokus. Tidur siang sebentar saja dapat mengurangi kelelahan motorik ini, Kamu pun bisa kembali bersemangat melakukan aktivitas.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat tidur siang saat puasa berikutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit. Jarang minum saat puasa membuat bibir pecah-pecah dan kulit menjadi kering. Kulit kering bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini. Tidur siang membantu memperpanjang regenerasi kulit dan jaringan sehingga membantu kulit kamu tetap lembap dan terlihat lebih segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini