Sukses

PPIH Buka 8 Posko Layanan Jemaah Calon Haji Indonesia di Masjidil Haram

Petugas haji Seksus akan menyediakan layanan perlindungan, kesehatan, dan bimbingan ibadah bagi jemaah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas haji Sektor Khusus pada musim haji 2019 akan membuka delapan posko layanan untuk jemaah Indonesia di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

Kepala Bidang Perlindungan Jemaah, Jaetul Muchlis yang juga Kepala Satuan Operasi Armuzna mengatakan, petugas Sektor Khusus (Seksus) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) ada di Madinah dan Makkah.

"Di Makkah akan ada delapan posko Seksus yang dibuka untuk melayani jemaah Indonesia," ujar Jaetul di Makkah, seperti dilansir Antara, Jumat (12/7/2019).

Petugas haji Seksus, lanjut dia, menyediakan layanan perlindungan, kesehatan, dan bimbingan ibadah.

"Kami buat inovasi beberapa tahun ke belakang, sehingga Seksus dibentuk dari tiga unit layanan," ucap Jaetul.

Dia menjelaskan, pembentukan posko pelayanan Seksus dilakukan berdasarkan hasil pemetaan potensi krisis dan persoalan yang kerap dihadapi oleh jemaah calon haji Indonesia di titik-titik tertentu.

Umumnya, menurut Jaetul, persoalan yang kerap muncul di kalangan jemaah calon haji berawal dari kebingungan karena terpisah dari rombongan.

"Pesan kami jemaah tidak usah membawa perhiasan atau berharga lainnya. Kalaupun sudah terlanjur, tidak dibawa ke tempat ibadah. Termasuk uang living cost atau uang saku tidak dibawa ke tempat ibadah. Bisa jadi tercecer atau bahkan mengundang tindakan kriminal orang yang tidak bertanggung jawab," papar Jaetul.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Letak Posko

Posko-posko petugas Seksus di Makkah meliputi Posko 1 Marwah, Posko 2 Haram, Posko Bab Ali, Posko Haram Team Kesehatan (Syeib Amiir), Posko 3 Tower Zam Zam, Posko 4 Dar Al Tawhid, Posko 5 Mataf, dan Posko 6 Darul Arqam.

Posko 1 berada di pintu keluar Bukit Marwah, Posko 2 ada di dalam Masjidil Haram, Posko 3 di bawah Zamzam Tower, Posko 4 di depan Hotel Dar Al Tawhid, Posko 5 di dekat Hijr Ismail, dan Posko 6 di dekat pintu Babussalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.