Sukses

3 Sunnah Puasa Ramadan yang Mendatangkan Banyak Pahala

Beberapa sunnah puasa Ramadan bisa kamu lakukan agar mendapatkan pahala lebih banyak.

Liputan6.com, Jakarta Sunnah puasa Ramadan bisa kamu lakukan untuk melengkapi ibadah puasa di bulan penuh berkah ini. Dan bisa memberikan pahala lebih jika kamu mengamalkannya atau melakukannya. Sunnah puasa Ramadan adalah segala tindakan yang dicontohkan oleh Rasullullah SAW saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Secara bahasa sunnah diambil dari bahasa Arab yaitu sunnah (سنة) yang artinya adalah kebiasaan atau biasa dilakukan. Dalam Islam, sunnah diartikan sebagai sikap, tindakan, ucapan, dan cara Rasullullah serta sahabatnya, saat menjalani kehidupannya atau tradisi yang dilaksanakan, ilmu keyakinan, ucapan, perbuatan maupun penetapan oleh Rasullullah dan juga sahabatnya.

Sunnah puasa Ramadan berarti bisa diartikan sebagai kebiasaan Rasullullah atau sahabat nabi dalam menjalankan puasa di bulan Ramadan. Banyak sekali sunnah puasa Ramadan yang bisa dilakukan untuk menambah amalan puasa dan juga menambah pahala. Sunnah-sunnah ini tidak wajib hukumnya untuk dilakukan, namun lebih baik di praktikan karena keistimewaannya dan dapat pahala.

Untuk lebih jelasnya mengenai sunnah puasa Ramadan, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa sunnah puasa Ramadan dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (3/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sahur

Makan sahur adalah salah satu sunnah puasa Ramadan yang sangat bermanfaat jika dilaksanakan. Selain bisa memberikan energi untuk menjalankan puasa sepanjang hari. Saur juga bisa mendatangkan pahala bagi yang melaksanakannya.

Makan sahur juga dijelaskan di berbagai hadist, salah satunya adalah sebagai berikut:

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Artinya: Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, "Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan."

Selain itu, Rasullullah juga menganjurkan untuk segera mengakhiri sahur hingga menjelang fajar. Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadist berikut ini:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu berkata :

تَسَحَّرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلاةِ ، قَالَ : قُلْتُ : كَمْ بَيْنَ الأَذَانِ وَالسَّحُورِ ؟ قَالَ : قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةٍ

Artinya: Kami pernah makan sahur bersama Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu melaksanakan shalat. Anas berkata, Aku bertanya kepada Zaid: "Berapa jarak antara adzan dan sahur ?". Dia menjawab : "seperti lama membaca 50 ayat" (HR. Bukhari dan Muslim)

3 dari 4 halaman

2. Berbuka Puasa

Sunnah puasa Ramadan berikutnya adalah berbuka puasa. Rasullullah SAW memerintahkan umatnya yang berpuasa untuk segera melakukan buka puasa atau membatalkan puasanya ketika waktu berbuka sudah datang.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist sebagai berikut:

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

وَلِلتِّرْمِذِيِّ مِنْ حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : أَحَبُّ عِبَادِي إلَيَّ أَعْجَلُهُمْ فِطْرًا

Artinya: Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih).

Selain itu, Rasullullah juga menganjurkan untuk berbuka puasa dengan kurma atau yang manis-manis. Hal ini dianjurkan karena kurma banyak mengandung gizi yang bisa mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa seharian.

Sunnah berbuka puasa dengan kurma dijelaskan dalam hadist sebagai berikut:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya: “Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air”

Kemudian, Rasullullah juga menganjurkan untuk berdoa ketika berbuka puasa. Berikut hadistnya.

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Artinya: “Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”. (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858. At Tirmidzi mengatakan hadits tersebut hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih)

4 dari 4 halaman

3. Banyak Beribadah dan Berderma

Sunnah puasa Ramadan berikutnya adalah memperbanyak ibadah dan juga berderma. Beribadah bisa kamu lakukan dengan banyak berdzikir di masjid, melakukan ibadah sholat sunnah, berbuat baik, dan lain sebagainya. Kemudian Rasullullah juga menganjurkan untuk banyak melakukan sedekah atau berderma kepada orang yang lebih membutuhkan.

Rasullullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk memberikan makan pada orang yang berbuka puasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga,”( HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Kemudian banyak berderma di bulan Ramadan juga bisa mendatangkan banyak pahala. Jika di hari-hari biasa saja atau bulan-bulan biasa saja, Allah SWT akan melipat gandakan pahala orang yang berderma, saat di bulan Ramadan Allah pasti akan lebih melipat gandakan pahalanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini