Sukses

Jemaah Haji Indonesia Bersiap Wukup di Arafah

Prosesi wukuf di Arafah akan dimulai sejak 9 Zulhijjah siang, atau Senin 20 Agustus 2018.

Liputan6.com, Makkah - Seluruh jemaah haji termasuk dari Indonesia bergerak dari Makkah ke Arafah pada Minggu, 19 Agustus 2018 waktu Saudi. Mereka bersiap melaksanakan ritual puncak haji yaitu wukuf.

Perjalanan jemaah haji Indonesia dibagi menjadi tiga kali keberangkatan sejak pagi hingga malam hari.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin di hadapan para petugas haji berharap petugas menyisir keberadaan jemaah pada esok hari.

"Setidak-tidaknya jemaah sudah ada di Arafah pada malam hari," ujar Lukman.

Prosesi wukuf di Arafah akan dimulai sejak 9 Zulhijjah siang, atau Senin 20 Agustus 2018. Jemaah yang telah tiba akan berdiam diri dan berzikir di dalam tenda sembari mendengarkan khutbah wukuf.

Usai melaksanakan salat Zuhur dijamak Ashar, jemaah mulai menjalani prosesi wukuf.

Wakil Ketua Amirul Hajj, Dadang K Ahmad, mengatakan prosesi wukuf di Arafah menjadi gambaran bersatunya umat Muslim dari seluruh dunia yang diperkirakan berjumlah 3,5 juta orang.

"Bayangkan 3,5 juta kumpul di Arafah zikir bersama, salat, mendengarkan khotbah, memohon ampunan," ujar Dadang.

Sementara itu, anggota Amirul Hajj, Masduki Baidlowi, menyebut titik filosofis wukuf di Arafah yaitu napak tilas dosa manusia. Dia menggambarkannya dengan kisah pertemuan Nabi Adam AS dan Siti Hawa.

"Setelah melakukan dosa di surga, turun mendapat hukuman. Ampunan pertama di Arafah. Setan adalah satu hal dilawan ada dalam diri manusia," kata Masduki.

Wukuf di Arafah menjadi kunci prosesi haji. Selain jemaah yang bugar, beberapa jemaah yang masih dalam kondisi sakit akan dibawa untuk disafariwukufkan.

Hingga laporan ini ditulis, Minggu, 19 Agustus pukul 01.29 waktu Saudi, beberapa jemaah mulai berangkat mengawali prosesi haji. Mereka tak langsung menuju Arafah, melainkan menjalankan sunah Rasulullah Muhammad SAW menjalankan Tarwiyah di Mina.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.