Kecerdasan Intelektual Meningkat, Studi Menarik tentang Puasa

pada 01 Jun 2018, 07:20 WIB
Diperbarui 01 Jun 2018, 07:20 WIB
[Bintang] Fakta Unik
Perbesar
Shinkanse atau yang dikenal dengan kereta peluru ini berjalan dengan sangat halus dan tak terasa getarannya. Buktinya koin ini bisa berdiri. (Sumber Foto: Bored Panda)

Jakarta Bulan Ramadan beserta keistimewaannya telah datang. Membahas mengenai salah satu keistimewaan bulan Ramadan, yaitu puasa. Tahukah Anda jika puasa membawa banyak kebaikan? Simak penjelasan berikut ini.

Salah satu manfaat dari puasa adalah meningkatkan kecerdasan intelektual. Puasa dapat membuat Anda tambah cerdas. Ada kajian menarik terkait hal ini. Seperti yang dikutip dari buku The Miracle of Fast, di Universitas Florida, Amerika Serikat, pernah diadakan kajian mengenai manfaat puasa. Hasilnya, salah satu manfaat puasa adalah dapat menjernihkan pikiran dan meningkatkan kecerdasan seseorang. Kira-kira kenapa bisa begitu ya?

Saat sedang berpuasa, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang. Dengan begini, efek kadar darah dan oksigen yang biasa masuk ke pencernaan banyak berkurang. Kemudian, darah dan oksigen itu akan lebih maksimal memasuki bagian-bagian tubuh manusia yang lebih membutuhkan, terutama otak.

Darah yang disalurkan ke pencernaan akan dikurangi untuk dipakai organ lain, termasuk otak. Otak merupakan organ paling penting bagi proses berpikir sehingga kinerja otak jadi lebih maksimal.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Olahraga di hotel bintang lima
Perbesar
Berikut keseruan perayaan Hari Kesehatan Sedunia dengan olahraga dan makanan sehat. (Foto: instagram/ shangrilajkt)

Adapun saat perut kekenyangan, akan ada banyak darah yang disalurkan ke pencernaan. Belum lagi dengan efek rasa kantuk dan letih karena perut kekenyangan, konsentrasi pun bisa berkurang.

Manfaat puasa ini sudah dirasakan oleh orang-orang terdahulu. Salah satunya adalah ulama besar Imam Asy-Syafi'i yang telah mengakui kehebatan puasa saat beliau sedang menuntut ilmu.

Ia mengatakan, "Aku tidak pernah kenyang selama 16 tahun. Karena kekenyangan akan memberatkan badan, mengeraskan hati, menghilangkan kecerdasan, membuat kantuk, dan melemahkan manusia dari beribadah kepada Allah."

Pepatah yang mengatakan bahwa ilmu dan akal tidak mungkin bersama dalam lambung yang penuh makanan sepertinya memang benar adanya. Jadi, yuk semangat puasanya di bulan Ramadan 2018 ini. Ada banyak manfaat luar biasa yang bisa kita dapatkan dari ibadah puasa yang kita lakukan di bulan penuh berkah ini.

Sumber: Vemale

Reporter: Endah Wijayanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya