Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari ke-12 Ramadan 2018

Usai buka puasa, salat magrib, dan salat Iisya, umat Islam disunahkan untuk melaksanakan salat tarawih selama bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan puasa Ramadan 1439 Hijriah atau 2018 Masehi telah memasuki hari ke-12 pada Senin (28/5/2018). Pada hari ke-6 ini, jadwal buka puasa jatuh pada pukul 17.47 WIB.

Pada pukul ini, azan magrib berkumandang, yang berarti waktu bagi umat Islam di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk berbuka puasa. Selanjutnya waktu salat isya jatuh pada pukul 19.00 WIB.

Usai buka puasa, salat magrib, dan salat isya, umat Islam disunahkan untuk melaksanakan salat tarawih untuk mendekatkan diri dan meraih banyak pahala dari Allah SWT.

Harus diingat, sebelum membatalkan atau berbuka puasa, umat Islam diharuskan membaca basmalah, lalu membaca doa buka puasa. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Buka Puasa

Berikut doa buka puasa setelah lebih dulu membaca basmalah:

"Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa 'ala rizkika afthortu' birohmatika yaa arhamarra himiin."

Artinya:

"Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Adapun doa yang dibaca setelah berbuka puasa, yakni:

"Dzahaba-zh Zama'u, Wabtalati-l 'Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah."

Artinya:

"Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insyaallah (jika Allah menghendaki)."

Saksikan Video Pilihan di bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.