Sukses

Mau Tahu Rahasia Permadani Masjidil Haram Tetap Harum?

Bagaimana proses membersihkan permadani Masjidil Haram?

Liputan6.com, Jakarta Sebagai rumah ibadah paling istimewa bagi umat islam, Masjidil Haram didatangi jutaan umat muslim setiap tahunnya. Untuk itu, kenyamanan jamaah harus jadi yang utama. Kebersihan dan wanginya masjid bikin jamaah yang datang dari segala penjuru dunia itu betah beribadah di sana.

Soal kebersihan, tentu perawatan Masjidil Haram nggak main-main, termasuk perawatan permadaninya. Terlebih lagi Raja Salman Abdulaziz Al Saud sangat memperhatikan kebersihan, beliau sampai membuat departemen khusus yang bertanggungjawab atas permadani tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disemprot Dengan Parfum Bunga Mawar

Untuk menjaga kebersihannya, 30 ribu permadani yang terbentang sepanjang 100 km itu dicuci menggunakan lima tahap yang dilakukan setiap hari di gudang khusus. Menurut Al Arabiya, pada tahap pertama, debu dan kotoran dibersihkan dengan menggunakan mesin yang amat canggih. Selanjutnya, permadani dicuci dengan sabun dan cairan penghilang infeksi.

Setelah bersih dan steril, permadani tersebut dikeringkan di mesin pengering otomatis. Hebatnya, tak sampai dua menit, mesin itu mampu mengeringkan tiga permadani sekaligus. Terakhir, permadani yang sudah kering dijemur di bawah terik sinar matahari.

Ketika sudah bersih, permadani-permadani tersebut lantas diberi pewangi. "Sebagai tanda akhir proses pembersihan, setiap permadani akan disemprot dengan parfum berbau bunga mawar," kata penyelia gudang dan proses cuci permadani, Mohammed Al-Otaini kepada Al Arabiya.

Gudang modern tersebut, lanjut Al-Otaini, mampu menampung sebanyak 200 permadani setiap hari. Tentunya perawatan properti masjid yang satu ini dilakukan oleh pekerja yang sudah terlatih.

Sumber: Kapanlagi.com

Editor: Tyssa Madelina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini