Jemaah Haji Asal Bekasi Wafat di Madinah

Oleh Taufiqurrohman pada 03 Agu 2017, 23:02 WIB
Diperbarui 03 Agu 2017, 23:02 WIB
Jemaah haji tiba di Madinah
Perbesar
Jemaah haji tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, Arab Saudi (Liputan6.com Taufiqurrohman)

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali terdengar dari jemaah calon haji Indonesia. Kepala Seksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah Edi Supriyatna menginformasikan, hari ini jemaah haji Indonesia ada lagi yang wafat di Madinah.

"Jemaah haji atas nama Sukamto bin Sudarman Muryadi wafat hari ini, jam 08.20 waktu Arab Saudi di RS Al Anshor Madinah," kata Edi di Madinah, Arab Saudi, Kamis (3/8/2017).

Edi menjelaskan, almarhum meninggal pada usia 60 tahun karena serangan jantung. Almarhum tergabung dalam kloter 16 Embarkasi Jakarta–Bekasi yang tiba di Madinah pada Rabu 2 Agustus kemarin.

Sebelumnya, ada tiga jemaah haji Indonesia yang dilaporkan wafat di Madinah, yaitu:
1. Umi Nadiroh Yunus Husen (SUB 05), wafat 31 Juli 2017 di RS Al Anshoor,  karena mengalami serangan jantung.
2. Agus Salim Mulia Siregar (MES 02), wafat 1 Agustus 2017, karena trauma pada tulang leher disebabkan terjatuh.
3. Indriyani Wahadi Wiyono (SOC 02), wafat 2 Agustus 2017 di RS Al Anshoor, karena penyakit jantung.

Dengan meninggalnya Sukamto bin Sudarman Muryadi, total ada 4 jemaah calon haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci.

Edi menambahkan, KKHI Daker Madinah masih merawat sejumlah jemaah haji Indonesia. Data per hari ini, ada 13 jemaah yang dirawat dan tujuh di antaranya sudah diperkenankan pulang. "Jadi ada 6 jemaah yang sekarang dirawat di KKHI Madinah," ujarnya.

"Data ini jika dibandingan dengan tahun lalu pada hari yang sama, relatif bisa ditekan," lanjut Edi.

Hingga Kamis sore, pukul 09.00 WAS, 38.594 jemaah sudah tiba di Madinah dan menempati hotel di sekitar Masjid Nabawi. Mereka terbagi dalam 95 kloter. Selama di Madinah, mereka akan menjalani ibadah Arbain di Masjid Nabawi.

Pemberangkatan jemaah gelombang pertama dari Tanah Air ke Madinah akan terus berlangsung hingga 12 Agustus mendatang. Daker Madinah akan mulai memberangkatkan jemaah haji menuju Mekah pada 5 Agustus 2017.


Saksikan video menarik di bawah ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya