Sukses

Calon Haji Asal Medan Wafat di Halaman Masjid Nabawi

Kabar duka kembali didengar dari anggota jemaah calon haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi.

Liputan6.com, Madinah - Kabar duka kembali datang dari anggota jemaah calon haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi. Seorang calon haji bernama Agus Mulia Siregar meninggal dunia di Tanah Suci. Tercatat ada tiga anggota jemaah calon haji yang wafat dalam ibadah haji 2017 hingga hari ini. 

Kepala Seksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Madinah, Edi Supriyatna, menyampaikan Agus meninggal pukul 13.00 waktu Arab Saudi, 1 Agustus 2017.

"Almarhum wafat di halaman Masjid Nabawi dalam usia 66 tahun. Sebab meninggalnya adalah trauma pada tulang leher karena terjatuh," kata Edi di Madinah, Rabu 2 Agustus 2017.

Menurut dia, trauma pada tulang leher dapat berakibat fatal. Secara medis, ucap dia, trauma ini bisa menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Agus Salim tergabung dalam kloter dua Embarkasi Medan (MES 02). Jemaah MES 02 tiba di Madinah pada Sabtu, 29 Juli 2017.

Total, ada tiga anggota jemaah calon haji asal Indonesia yang meninggal dunia sampai dengan hari keenam pemberangkatan ini.

Sebelumnya, Umi Nadiroh Yunus Husen wafat pada Senin 31 Juli 2017 di RS Al Anshoor. Anggota jemaah kloter 5 Embarkasi Surabaya (SUB 05) ini wafat karena mengalami serangan jantung.

Anggota jemaah lainnya yang wafat adalah Indriyani Wahadi Wiyono. Almarhum berasal dari kloter dua Embarkasi Solo (SOC 02). Almarhum meninggal di RS Al Anshoor dalam usia 54 tahun pada jam 07.30 waktu Arab Saudi karena penyakit jantung.

Sudah ada 35.242 anggota jemaah sudah tiba di Madinah dan menempati hotel di sekitar Masjid Nabawi hingga pukul 19.00 WAS, Rabu, 2 Agustus 2017. Mereka terbagi dalam 87 kloter. Selama di Madinah, mereka akan menjalani ibadah Arbain di Masjid Nabawi.

Pemberangkatan anggota jemaah gelombang pertama dari Tanah Air ke Madinah akan terus berlangsung hingga 11 Agustus mendatang. Daker Madinah mulai memberangkatkan anggota jemaah calon haji menuju Mekah pada 6 Agustus 2017.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.