Sukses

Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadan, Seperti Apa?

Rasulullah menjelaskan pahala membaca Alquran yang berlipat ganda bila dibaca di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu amalan yang banyak dikerjakan di bulan Ramadan yaitu tadarus Alquran. Rasulullah menjelaskan pahala membaca Alquran yang berlipat ganda bila dibaca di bulan Ramadan.

Rasulullah bersabda dalam Hadis riwayat Tirmidzi, "Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya."

Pahala membaca Alquran pun semakin bertambah apabila mampu membaca sebanyak 100 ayat. Sabda Rasulullah dalam Hadis riwayat Ahmad, "Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam."

Hadis tersebut menunjukkan betapa besarnya keutamaan membaca Alquran, apalagi bila dikerjakan di bulan Ramadhan yang merupakan bulan diturunkannya Alquran.

Selain itu, orang yang membaca Alquran akan mendapatkan syafaat di hari kiamat nanti. Sesuai Hadis riwayat Muslim, Nabi Muhammad bersabda, "Didatangkan pada hari kiamat (yaitu) Alquran dan para pembacanya yang mereka itu dahulu mengamalkannya di dunia, dengan didahului oleh Surat Al-Baqarah dan Surat Al-Imran yang membela pembaca kedua surat ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.