Sukses

Petugas Kesehatan Haji RI Bakal Sebar 6 Klinik di Tenda Arafah

Tak cukup mendirikan satu tenda di blok Misi Haji, petugas kesehatan juga bakal menyebar beberapa klinik di tenda-tenda jemaah.

Liputan6.com, Mekah - Kondisi cuaca yang terik saat wukuf di Padang Arafah nanti menjadi perhatian tersendiri bagi petugas dalam menangani kesehatan jemaah haji. Tak cukup mendirikan satu tenda di blok Misi Haji, petugas kesehatan juga bakal menyebar beberapa klinik di tenda-tenda jemaah.

"Tahun ini tenda kesehatan tak hanya di tenda Misi Haji, tapi juga akan didirikan di tenda-tenda jemaah. Ada enam klinik tenda yang akan disebar," ujar Kabid Kesehatan Haji PPIH dr Eka Jusuf Singka di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), Sabtu (3/9/2016) waktu Arab Saudi.

Dia menilai, satu klinik di tenda Misi Haji tak cukup dalam menangani jemaah yang tersebar dalam 52 maktab. Untuk itu, diperlukan perluasan pelayanan kesehatan terhadap para jemaah.

"Tujuan (penyebaran klinik) agar akses jemaah haji lebih dekat," ujar Eka.

Tak hanya itu, pihaknya juga tengah berupaya menyediakan fasilitas kesehatan lainnya. Yaitu ambulans yang dapat bersiaga di Padang Arafah saat wukuf nanti.

Hal ini sangat penting lantaran pada waktu tersebut menjadi momen kritis bagi jemaah yang rawan terpapar cuaca panas. Sehingga dengan adanya ambulans, para jemaah yang bermasalah dengan kesehatan akan cepat tertangani dengan baik.

"Ambulans disiapkan di Arafah. Pihak muassasah menjanjikan 27 ambulans. Sopir dari mereka, petugasnya kemungkinan dari kita," jelas Eka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.