Sukses

Wejangan Menhub Jonan bagi Pemudik Motor

Tahun ini jumlah sepeda motor yang digunakan untuk mudik Lebaran diprediksi mencapai 5 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan memperkirakan jumlah sepeda motor yang digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini mencapai 5 juta. Besarnya jumlah kendaraan yang digunakan untuk mudik menjadi tantangan pemerintah untuk melakukan pengawasan.

Jonan pun mengimbau agar pemudik sebaiknya tidak memasang target waktu sampai di kampung halaman. Sebab, hal tersebut berisiko menimbulkan kecelakaan.

"Tantangan yang besar sepeda motor. Prediksi kami 5 juta naik motor. Saran saya, kalau mudik sepeda motor tidak boleh punya target waktu," kata dia di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Rabu kemarin (29/6/2016).

Dia menuturkan, seharusnya pemudik menargetkan selamat di tempat tujuan. Hal itu justru tidak memberikan tekanan pada pemudik. "Kalau target lebih baik asal sampai," kata dia.

Selain itu, Jonan mengatakan sebaiknya pemudik menghindari keberangkatan usai buka puasa. Hal ditujukan supaya pemudik tidak mengantuk di jalan.

"Jangan habis buka malah berangkat, berhentinya sahur. Ngantuk itu. Dan banyak kendaraan, terutama motor kecil, tidak ditujukan jarak jauh. Penerangan kurang," kata dia.(Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.