Manfaat Puasa bagi Lansia

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 28 Jun 2016, 06:02 WIB
Diperbarui 28 Jun 2016, 06:02 WIB
Lansia Tidur
Perbesar
(Foto: ldsblogs.com)

Liputan6.com, Jakarta Usia lanjut bukan penghalang untuk menjalankan ibadah puasa. Islam memang memberi kelonggaran bagi pemeluknya yang berusia lanjut untuk tidak penuh menjalankan puasa Ramadan. Tapi bukan berarti harus tidak berpuasa.

Penelitian membuktikan, puasa bermanfaat dan berpengaruh baik untuk lansia. Manfaat puasa bagi lansia antara lain baik bagi fungsi ginjal, mengatasi kelebihan lemak, dan menghalau radikal bebas.

Konsultan Geriatri, Dr Eddy Rizal Wahyudi, SpPD, K-Ger, FINASIM mengatakan, banyak yang masih berpikiran keliru bahwa lansia tidak sanggup untuk puasa. Padahal lansia yang bugar dan mampu berpuasa boleh melaksanakan ibadah tersebut.

"Orang-orang yang berusia lanjut banyak mendapat manfaat dan pengaruh baik terhadap fungsi ginjal, lemak, dan radikal bebas," ujarnya.

Terutama, asupan cairan selama puasa Ramadan berdampak baik untuk fungsi ginjal lansia.

"Asupan cairan yang masuk saat bulan Ramadan membuat fungsi ginjal membaik pada hari ke-28 Ramadan dan hari ke-14 setelah Ramadan," jelasnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya