Sukses

Rawan Bencana Alam, PT KAI Bersiaga di 7 Stasiun Ini

Ketujuh stasiun itu adalah Prupuk, Karangsari, Purwokerto, Kebasen, Kroya, Kebumen dan Kutoarjo.

Liputan6.com, Purwokerto - Untuk mengantisipasi gangguan akibat bencana alam di jalur KA selama angkutan Lebaran 2016, PT KAI Daop 5 Purwokerto menyiapkan alat dan material di 7 titik stasiun. Ketujuh stasiun itu adalah Prupuk, Karangsari, Purwokerto, Kebasen, Kroya, Kebumen dan Kutoarjo.

Peralatan dan material yang disiapkan tersebut meliputi generator untuk penerangan, bantalan kayu, karung plastik, pasir, batu balas, perancah, serta besi 'H-beam'.

"Alat dan material tersebut diperlukan untuk menangani kondisi darurat akibat bencana alam seperti longsoran serta amblesan di jalur KA secara cepat," kata Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Surono, Selasa 14 Juni 2016.

Menurut dia, semua material sudah disiapkan dalam gerbong khusus. Gerbong ini siap ditarik setiap saat ke lokasi gangguan. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya gangguan di jalur KA mengingat curah hujan yang masih cukup tinggi.

Daop 5 juga menyiapkan 17 regu "flying gang" yang setiap saat bisa digerakkan untuk menangani gangguan akibat bencana alam. Regu tanggap darurat ini masing-masing beranggotakan 9 personel yang berkedudukan di setiap UPT Resort Jalan Rel wilayah Daop 5.

"Sehingga diharapkan operasional kereta api tidak akan terlalu lama terganggu jika terjadi bencana alam," ujar Surono.

Seperti diketahui diwilyah Daop 5 Purwokerto terdapat 26 titik rawan terjadinya gangguan jalur KA akibat bencana alam. Titik rawan tersebut meliputi rawan longsor sebanyak 10 titik, rawan ambles sebanyak 9 titik, rawan banjir 3 titik dan rawan pohon tumbang 4 titik. (Aris Andrianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini