Benarkah Puasa Bermanfaat bagi Kesuburan Wanita?

Oleh Meiristica Nurul pada 13 Jun 2016, 17:42 WIB
Diperbarui 13 Jun 2016, 17:42 WIB
Ibu Hamil
Perbesar
Ilustrasi (Sumber : jualproduktiens)

Liputan6.com, Jakarta Berbagai penelitian telah membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan. Tapi siapa yang mengira jika puasa juga memberi dampak pada kesuburan wanita?

Puasa bermanfaat bagi wanita yang ingin segera memiliki momongan. Dengan membatasi asupan makanan justru meningkatkan kualitas sel telur pada wanita.

Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan Jonathan Tilly dan rekan-rekan dari Harvard Medical School yang bekerja sama dengan Massachusetts General Hospital (MGH) melalui dua ekor tikus betina dewasa. Selama tujuh bulan, salah satu tikus itu diberi makanan sebanyak-banyaknya, sementara kelompok lainnya dibatasi asupannya.

Hasilnya, tikus yang memperoleh makanan banyak justru mengalami penurunan jumlah sel telur. Sedangkan kelompok satunya terlihat sehat di alat reproduksinya.

Selain tikus, para peneliti juga mencobakan metode ini pada monyet betina, seperti dikutip dari newscientist.com, Rabu (8/6/2016). Kesimpulannya, saat wanita menjalani puasa, tubuhnya justru bakal memproduksi jumlah sel telur lebih banyak, kadar gula dalam darah juga menurun.

Otomatis, kondisi ini akan mempengaruhi hormon reproduksi sehingga melancarkan siklus menstruasi dan produksi sel telur. Selain itu, dengan mengurangi asupan kalori, umur reproduksi juga makin panjang.

Untuk menambah kesuburan, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berikut ini saat berbuka dan sahur. Sebut saja, ikan yang mengandung zat merkuri tinggi seperti tuna, makarel, hiu, ikan kalengan dan sushi tuna mentah.

Sebaiknya jangan mengonsumsi kafein (kopi dan teh). Minuman-minuman ini meningkatkan risiko keguguran bagi wanita yang sedang hamil.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya