Sukses

Ribuan Warga Yogyakarta Padati Open House Sultan HB X

Warga dijamu dengan berbagai makanan tradisional seperti nasi liwet, soto ayam, bakmi jawa, bakso, dan aneka jenang.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ribuan orang memadati Bangsal Kepatihan Yogyakarta untuk bersalaman dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sultan menggelar open house usai Lebaran yang dihadiri pejabat pemerintah dan berbagai warga, baik dari Yogyakarta maupun luar kota Yogyakarta.

Kepala Bagian Humas Biro UHP Setda DIY Iswanto mengatakan, open house ini pada hari ini, Rabu (22/7/2015) digelar bersamaan dengan masuknya pegawai negeri sipil (PNS) di Pemda DIY.

Gubernur DIY itu didampingi istrinya, GKR Hemas dan Wakil Gubernur Sri Paduka Pakualam IX menerima ribuan warga dan pejabat pemerintah. Open house dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Iswanto memperkirakan, jumlah warga yang ingin bersalaman dengan Sultan HB X sekitar 3 ribu orang.

"Sampai jam 12 WIB selesai, nanti kalau masih ada, nanti beliau tetap terima. Rektor UNY, Wakil DPRD DIY Arif Noor Hartanto tadi yang mengawali jabat tangan," ujar Iswanto di Bangsal Kepatihan.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X menggelar halalbihalal (Liputan6.com/ Fathi Mahmud)

Iswanto mengatakan, warga dijamu dengan berbagai makanan tradisional seperti nasi liwet, soto ayam, bakmi jawa, bakso, dan aneka jenang.

Selain melakukan open house, Sultan HB X juga akan menggelar silaturahmi halalbihalal ke kabupaten dan kota.

Amini (69), warga Jalan Parangtritis, Manding, Bantul mengaku senang dapat bertemu langsung dengan Sultan HB X. Setiap tahun, dia selalu datang ke Bangsal Kepatihan untuk bertemu dan halalbihalal dengan Sultan.

"Tadi datang jam 8 pagi bersama rombongan satu bus. Ya minta ke Sultan agar diberi kesejahteraan dan kesehatan ya pokoknya diparingi ayem tenterem," kata Amini. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.